9 Produk Strategis Pengembangan BMKG Bakal Diproduksi PT Len

Produk anak bangsa harus digunakan lebih dulu

Bandung, IDN Times - PT Len berencana memproduksi dan mengkomersialkan sembilan produk strategis hasil penelitian dan pengembangan (Litbang) Badan Meteoroligi, Klimatologi, Geofisika (BMKG). Kerja sama ini demi mengurangi angka impor dan menegakan kedaulatan atas produk dalam negeri.

Sembilan produk strategis hasil penelitian dan pengembangan (Litbang) BMKG yang akan diproduksi dan dikomersialisasi bersama Len adalah, Alat Pengukur Intensitas Getaran Gempa Bumi/Intensity Meter; Sistem Pengamatan Cuaca Otomatis Bandara/Automatic Weather Observation System (AWOS); Sirine Peringatan Dini Tsunami Terintegrasi/Integrated Tsunami Sirene System (ITSS); dan Sistem Pengukur Tinggi Muka Air Laut Otomatis/Automatic Water Level (AWL).

Selanjutnya, Sistem Pemantau Cuaca Maritim Otomatis/Automatic Weather Station (AWS) Maritim; Peralatan Pengambilan Sampel Debu Rekayasa/High Volume Air Sampler (HVAS); Sistem Pengambil Sampel Air Hujan Otomatis Rekayasa/Automatic Rain Water Sampler (ARWS); Sistem Penakar Hujan Otomatis IoT/Automatic Rain Gauge (ARG); dan Instrumen PM2.5 dan PM10 REKAYASA/Particulate Matter (PM) 2.5 dan Particulate Matter (PM)10.

1. Teknologi anak bangsa harus dioptimalkan

9 Produk Strategis Pengembangan BMKG Bakal Diproduksi PT LenIlustrasi teknologi (IDN Times/Galih Persiana)

Kepala BMKG Dwikorita mengatakan, mendukung penuh instruksi Presiden Jokowi untuk merdeka sepenuhnya dari produk/barang impor. Penandatangan kerja sama ini ini tidak lain sebagai wujud upaya utk menegakkan kedaulatan bangsa Indonesia dan kedaulatan teknologi anak bangsa.

Dwikorita berharap, kerja sama dengan PT Len Industri ini dapat menjadikan produk teknologi karya anak bangsa semakin berkibar di level internasional dan melepaskan ketergantungan Indonesia akan produk impor.

"Saya yakin kerja sama ini akan semakin meningkatkan daya saing Indonesia di kancah internasional. Khususnya dalam bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika," kata dia melalui siaran pers, Minggu (24/4/2022).

2. Produk ini akan dijual di e-katalog LKPP

9 Produk Strategis Pengembangan BMKG Bakal Diproduksi PT LenIlustrasi tangkapan layar sirup.lkpp.go.id

Direktur Bisnis & Kerja Sama Len, Wahyu Sofiadi menuturkan, PT Len Industri telah konsisten dan berkomitmen untuk mendukung BMKG dalam pembangunan layanan informasi di bidang meteorologi, klimatologi, geofisika, dan instrumentasi yang cepat dan akurat. Len juga berpengalaman sebagai mitra pemeliharan aloptama (alat operasional utama) BMKG selama bertahun-tahun.”

Terkait rencana kerja sama produksi dan komersialisasi sembilan produk aloptama, PT Len Industri berkomitmen untuk ikut mensukseskan program ini bersama-sama dengan BMKG.

“Komitmen ini diperkuat dengan pengalaman PT Len Industri yang pernah bekerjasama dengan BPPT sebagai mitra fabrikasi ventilator hingga produk tersebut bisa dijual di e-katalog LKPP,” kata Wahyu.

3. Jadi pelopor aloptama yang miliki nilai TKDN

9 Produk Strategis Pengembangan BMKG Bakal Diproduksi PT LenIlustrasi industri/pabrik. IDN Times/Arief Rahmat

Selama ini, Len dipercaya BMKG terlibat dalam pemeliharaan Sistem INATEWS, Sistem Monitoring Gempa Bumi dan Radar Cuaca milik BMKG sejak tahun 2006-an.

PT Len sangat mendukung rencana kerjasama produksi dan komersialisasi sembilan produk aloptama, sehingga dapat menjadi pelopor untuk 9 produk aloptama yang memiliki nilai TKDN.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya