Comscore Tracker

31.017 Siswa di Bandung Raya Ikuti Program School Creative Hub Gojek 

Kegiatan ini diharap ciptakan anak muda yang kreatif

Bandung, IDN Times - Sebanyak 31.017 pelajar di sekitar Bandung Raya telah mengikuti program School Creative Hub (SCH) yang diselenggarakan Gojek selama 2022. Dalam program ini mereka diberikan ilmu mengenai ekonomi digital, penghijauan, hingga berbagai hal kreatif yang bisa memberikan kemajuan bagi Indonesia.

School Creative Hub (SCH) 2022 merupakan sebuah bentuk komitmen Gojek kepada anak muda dengan mengadakan ragam inisiatif yang menstimulus lahirnya kreativitas, cinta lingkungan dan inovasi anak muda sejak dini.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang ikut membuka progam ini sangat mengapresiasi atas kesuksesan program SCH. Dia mendoakan seluruh peserta yang mengikuti program ini dapat menerapkan ilmu yang didapat untuk memberikan manfaat kepada masyarakat.

“Ekonomi Digital, Ekonomi Hijau dan Ekonomi Kreatif adalah tiga sektor ekonomi masa depan yang akan tumbuh dengan pesat. Kuasailah ketiganya untuk mewujudkan Indonesia yang makin maju dan sejahtera menuju Indonesia juara," ujar Emil melalui siaran pers Gojek dikutip IDN Times, Selasa (25/1/2023).

1. Ada sejumlah kegiatan yang dilombakan

31.017 Siswa di Bandung Raya Ikuti Program School Creative Hub Gojek IDN Times/Istimewa

Sejak dibuka 23 Juni 2022 lalu, SCH 2022 telah diikuti oleh 31.017 peserta yang merupakan siswa-siswi dari 197 sekolah pada jenjang SMP-SMA di Bandung Raya yang juga mengikuti kompetisi sebagai berikut:

● Mural Competition : sebanyak 55 sekolah berpartisipasi dalam menciptakan mural dengan tema lingkungan. Bagi pemenang, Gojek menyediakan dana pembinaan sebesar Rp 5 juta untuk Juara1, Rp 3 juta untuk Juara 2 dan Rp 2 Juta untuk Juara 3. Dana Pembinaan ini nantinya akan dikelola oleh sekolah untuk mengembangkan kegiatan sekolah serta siswa-siswi di sekolahtersebut.

● Environment mission : Sebanyak 33 sekolah berpartisipasi dalam pengelolaan sampah melalui Bank Sampah. Per Desember 2022, telah terkumpul sebanyak 2,7 ton sampah. Angka ini meningkat sebesar 107,7% dari pengumpulan tahun 2021 lalu yang mencapai 1,3 ton.

Peningkatan yang dicapai ini sebagai bukti semakin meningkatnya kesadaran generasi muda terhadap pengelolaan sampah yang baik dan mulai menerapkan gaya hidup hijau ramah lingkungan.

● Public Service Announcement (Pesan Layanan Masyarakat) Competition : menghasilkan konten kreatif sebanyak 36 konten dari 18 sekolah. Konten tersebut berisi pesan layanan publik dengan penyampaian anak muda dalam mengangkat isu lingkungan saat ini dengan tema “Green School, Dream School”. Siswa-siswi mengirimkan konten dengan topik spesifik seperti; Bandung Digital, “Cintai Produk Lokal”, Public Transportation, Lingkungan Bersih & Sehat serta Generasi Muda Berprestasi.

Pemenang kompetisi ini akan mendapatkan dana pembinaan sebesar Rp 5 juta untuk Juara 1, Rp 3 juta untuk Juara 2 dan Rp 2 Juta untuk Juara 3.

2. Upayakan SCH jadi kegiatan tahunan

31.017 Siswa di Bandung Raya Ikuti Program School Creative Hub Gojek Sumber unsplash

Faris Priyanto, District Head Gojek Bandung Raya, sangat berharap diharapkan kegiatan ini menjadi kompetisi akbar tahunan yang ditunggu oleh sekolah dan juga siswa-siswi di Jawa Barat.

"Melalui edukasi, misi pengumpulan sampah, dan kompetisi-kompetisi menarik lainnya. Gojek juga akan terus memberikan dukungan sebagai penyedia platform digital dalam upaya percepatan digitalisasi di sekolah yang ramah lingkungan," kata dia.

3. Gojek ingin ada dampak sosial untuk seluruh elemen masyarakat

31.017 Siswa di Bandung Raya Ikuti Program School Creative Hub Gojek Ilustrasi Logo Gojek (Website/gojek.com)

Acara yang diadakan di Kantor Gojek Bandung tersebut juga dihadiri perwakilan Pemerintah Provinsi dan Kota yang turut memberikan apresiasi kepada para pemenang serta Gojek atas upaya berkelanjutan mensosialisasikan budaya sadar lingkungan melalui School Creative Hub 2022.

Informasi pemenang School Creative Hub 2022 dan juga modul edukasi gaya hidup ramah lingkungan bisa diakses melalui https://schoolcreativehub.com/.

“Gojek yakin bahwa menciptakan dampak sosial adalah bagian penting dalam segala hal yang kami lakukan. Kami membuat inisiatif yang tidak hanya berdampak pada sisi bisnis, tetapi juga dampak sosial, khususnya lingkungan melalui pemberian edukasi sejak dini tentang pengelolaan sampah di sekolah," ujarnya.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya