2.643 Calon Mahasiswa Lolos SBMPTN Unpad, Sedangkan IPB Ada 1.500

Kalian termasuk ga nih? Yu cek segera

Bandung, IDN Times - Pengumuman Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) tahun 2020 sudah keluar. Sejumlah perguruan tinggi siap menyambut para mahasiswa baru di kampusnya meski tengah berada dalam kondisi pandemik COVID-19.

Di Universitas Padjadjaran (Unpad), terdapat 2.634 calon mahasiswa baru dinyatakan diterima melalui jalur SBMPTN. Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Prof. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita mengatakan, secara nasional Unpad diminati 56.446 pendaftar SBMPTN. Hal ini menjadikan Unpad sebagai PTN ketiga dengan jumlah peminat SBMPTN terbanyak di Indonesia.

Terdapat beberapa program studi dengan jumlah peminat tertinggi di Unpad. Untuk kelompok Saintek, Pendidikan Dokter menjadi prodi dengan jumlah peminat tertinggi, yaitu 3.173 orang. Sementara untuk kelompok Sosiohumaniora, Ilmu Komunikasi menjadi prodi dengan jumlah peminat tertinggi, yaitu 3.134 orang.

Selain memiliki peminat tertinggi, beberapa program studi juga memiliki tingkat keketatan tertinggi. Untuk kelompok Saintek, Teknik Informatika menjadi prodi dengan tingkat keketatan tertinggi di Unpad, yaitu 1:77. Rasio ini juga menjadikan Teknik Informatika menjadi prodi dengan tingkat keketatan tertinggi se-Indonesia untuk kelompok Saintek.

Sementara untuk kelompok Soshum, prodi Ilmu Komunikasi dan Manajemen menjadi prodi dengan tingkat keketatan tertinggi di Unpad, yaitu 1:87 untuk Ilmu Komunikasi dan 1:86 untuk Manajemen. Dua prodi ini juga menduduki peringkat 3 dan 4 prodi dengan tingkat keketatan tertinggi se-Indonesia untuk kelompok Saintek.

1. Untuk mereka yang lulus diharap segera lakukan registrasi

2.643 Calon Mahasiswa Lolos SBMPTN Unpad, Sedangkan IPB Ada 1.500Ilustrasi pendaftaran UTBK PTN (IDN Times/Dokumen Pribadi)

Usai dinyatakan lulus seleksi, lanjut Arief, calon mahasiswa wajib melengkapi biodata dan melaksanakan registrasi. Registrasi mahasiswa baru SBMPTN akan dilakukan secara daring, menyesuaikan dengan situasi Adaptasi Kebiasaan Baru akibat pandemi Covid-19.

"Masa pengisian data registrasi administratif dibuka mulai tanggal 17 Agustu sampai 19 Agustus 2020 di laman Students Unpad. Pada proses ini, calon mahasiswa juga mengunggah sejumlah dokumen yang dibutuhkan. Persyaratan mengenai dokumen yang diunggah bisa dilihat pada laman SMUP Unpad," ujar Arief dikutip dari laman Unpad.ac.id, Sabtu (15/8/2020).

2. Pembayaran UKT mahasiswa memperhitungkan kemampuan orang tua

2.643 Calon Mahasiswa Lolos SBMPTN Unpad, Sedangkan IPB Ada 1.500Ilustrasi Uang (IDN Times/Lia Hutasoit)

Selanjutnya, Unpad akan memverifikasi data dan dokumen yang diunggah calon mahasiswa pada 19 Agustus sampai 21 Agustus 2020. Calon mahasiswa dapat mengetahui jumlah tagihan uang kuliah di laman Students Unpad dan wajib melakukan pembayaran melalui salah satu bank mitra Unpad mulai 23 Agustus hingga 26 Agustus 2020.

“Penetapan UKT calon mahasiswa dari SBMPTN tetap memperhitungkan kemampuan orang tua,” kata Arief.

Setelah pembayaran diterima, Unpad akan menerbitkan Surat Tanda Bukti Resmi Menjadi Mahasiswa melalui surat elektronik yang dikirim ke setiap mahasiswa baru mulai 23 Agustus sampai 29 Agustus 2020. Masa perkuliahan tahun akademik 2020/2021 akan dimulai pada 29 Agustus mendatang.

“Cermati ketentuan dan informasi terkait registrasi daring dari laman resmi Unpad,” kata Arief.

3. Jangan bersedih kalau kalian tidak lolos SBMPTN

2.643 Calon Mahasiswa Lolos SBMPTN Unpad, Sedangkan IPB Ada 1.500Situs pengumuman SBMPTN 2020 (Twitter.com/ltmptofficial)

Sementara itu, Institut Pertanian Bogor (IPB) University menerima 1.500 calon mahasiswa SBMPTN. Untuk kalian yang lolos bisa langsung melakukan resigtrasi secara daring mulai 17 Agustus 2020 pukul 07.00 WIB.

Rektor IPB University, Prof Arif Satria memberi selamat datang kepada para calon mahasiswa baru dari jalur SBMPTN itu. Dia berpesan kepada peserta yang belum berhasil diterima di IPB, bisa mencoba lagi melalui jalur seleksi Ujian Tulis Mandiri Berbasis Komputer (UTM-BK).

"Sebelumnya 1.835 mahasiswa baru IPB University diterima melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) pada 8 April 2020," ujar Arif dikutip dari Antara.

4. Secara nasional ada 167.653 siswa lolos dalam SBMPTN

2.643 Calon Mahasiswa Lolos SBMPTN Unpad, Sedangkan IPB Ada 1.500rencanamu.id

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Prof Mohammad Nasih menyatakan bahwa 167.653 peserta lolos ujian tulis berbasis komputer untuk seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBMPTN) tahun 2020.

"Jumlah peserta yang dinyatakan lulus seleksi pada 85 PTN (perguruan tinggi negeri) se-Indonesia sebanyak 167.653 orang," katanya dalam telekonferensi di Jakarta, Jumat.

Nasih memerinci peserta yang lolos SBMPTN terdiri atas 44.554 orang peserta pemilik nomor pendaftaran program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dan 123.099 orang bukan peserta KIP Kuliah.

Tahun ini ada 702.420 orang yang mendaftar untuk mengikuti ujian tulis berbasis komputer guna mengikuti SBMPTN. Pendaftarnya terdiri atas 546.370 orang pendaftar non-KIP Kuliah dan 156.050 orang pendaftar pemilik nomor KIP Kuliah. Jumlah peserta yang hadir dalam ujian tercatat 662.404 orang atau 92,87 persen dari seluruh pendaftar.

Hasil ujian SBMPTN diumumkan pada 14 Agustus 2020 pukul 15.00 WIB di laman utama LTMPT (http://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id) serta laman mirror seperti http://sbmptn.ui.ac.id, http://sbmptn.ugm.ac.id, http://sbmptn.undip.ac.id, http://sbmptn.unair.ac.id, http://sbmptn.unsri.ac.id, http://sbmptn.untan.ac.id, http://sbmptn.itb.ac.id, http://sbmptn.its.ac.id, http://sbmptn.ipb.ac.id, http://sbmptn.unand.ac.id, http://sbmptn.unhas.ac.id, dan http://sbmptn.unsyiah.ac.id.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya