Comscore Tracker

24 Jam Gudang Tripleks Bandung Kebakaran, Petugas Sulit Padamkan Api

Bahan kayu dan hembusan angin persulit tugas damkar

Bandung, IDN Times - Kobaran api yang melahap gudang penyimpanan tripleks di Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, belum juga padam. Kobaran api masih bisa ditemukan setelah 24 jam sejak api pertama kali muncul di gudang tersebut.

Petugas masih berjibaku untuk memadamkan api. Mobil pemadam kebakaran pun terlihat masih lalu lalang. Akibat kebakaran ini 90 persen bagian dari gudang sudah habis dilahap api.

Sekretaris Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Iwan Rusmawan mengatakan, petugas kesulitan untuk memadamkan api karena di bagian dalam gudang itu banyak tumpukan kayu yang mudah terbakar. Tak hanya itu, hembusan angin di lokasi juga cukup kencang dan menyultkan proses pemadaman

"Ini kan kayu ya, kalau kayu di atas. Ini kan tumpukannya banyak banget, di atas kayak yang udah selesai tapi di bawah ternyata masih menyala. Ya kayak api unggun lah. Terus angin juga punya pengaruh," kata dia ketika ditemui di lokasi pada Selasa (25/10/2022).

1. Sudah datangkan petugas damkar dari daerah sekitar

24 Jam Gudang Tripleks Bandung Kebakaran, Petugas Sulit Padamkan ApiIDN Times/Debbie Sutrisno

Di sisi lain, akses untuk masuk ke titik api pun menyulitkan petugas melakukan pemadaman. Meski demikian, petugas sudah berupaya maksimal pemadaman api dengan bantuan dari unit pemadam kebakaran asal Kabupaten Bandung Barat, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung.

"Sekarang kita full alat semua, semaksimal mungkin lah. Air terus saja disemprotkan karena lokasi yang sulit dan membahayakan anak-anak," ucap dia.

2. Tim dibagi tiga agar pemadanam tidak berhenti

24 Jam Gudang Tripleks Bandung Kebakaran, Petugas Sulit Padamkan ApiIDN Times/Debbie Sutrisno

Petugas sekarang membagi tim ke dalam tiga pleton. Selain itu, total ada 22 unit mobil pemadam kebakaran dan ratusan personel yang dikerahkan ke lokasi. Berbagai upaya itu dilakukan agar api dapat segera padam.

"Kelelahan pasti ya, kelelahan dan capek (petugas). Kadang emosi dan sebagainya karena ini pekerjaan yang nyawa kan taruhannya. Tapi kita kan ada sif ya, kita ada tiga peleton," tandas dia.

3. Belum diketahui pasti penyebab kebakaran

24 Jam Gudang Tripleks Bandung Kebakaran, Petugas Sulit Padamkan Api

Sebelumnya, kebakaran besar terjadi di sebuah pabrik triplek di Jalan Soekarno Hatta No 501, Kelurahan Cijagra, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung pada Senin (24/10/2022) malam. Kejadian kebakaran dilaporkan pada pukul 20.35 WIB oleh warga sekitar.

Petugas pemadam kebakaran dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) diterjunkan langsung ke lokasi kejadian.

Kepala Seksi Penyelamatan Diskar PB Kota Bandung John Erwin mengatakan, sampai saat ini petugas masih berupaya memadamkan api.

“Sedang penanganan,” kata dia, kepada wartawan, kenarin.

Baca Juga: [BREAKING] Kebakaran Dahsyat, Pabrik Triplek Bandung Dilahap Api

Baca Juga: Kebakaran Gudang Triplek, 12 Jam Petugas Masih Berupaya Padamkan Api

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya