Comscore Tracker

20 Hotel di Jabar Siap Jadi Tempat Isolasi Mandiri Pasien COVID-19

PHRI belum berikan data lengkap mana saja hotelnya

Bandung, IDN Times - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jawa Barat tengah menginventarisir hotel mana saja yang siap dijadikan tempat isolasi mandiri sementara pasien COVID-19. Hal ini berkaitan dengan naiknya angka kasus masyarakat yang terpapar virus corona di provinsi ini.

Ketua PHRI Jawa Barat Herman Muchtar mengatakan, sampai dengan sekarang sudah 20 hotel yang mengajukan diri dan sedang diseleksi. Hotel-hotel ini tersebar di sejumlah daerah di Jabar, seperti Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Bogor, Depok, dan Bekasi.

Nantinya, hotel yang lulus syarat administrasi akan mendapatkan sosialisasi terkait teknis isolasi mandiri pasien COVID-19. "Mereka mengajukan siapa yang mau. Sampai sekarang baru 20 hotel di Jabar yang mengajukan, kita masih nominasikan hotel-hotel yang tepat dan sesuai," kata Herman dihubungi, Senin (21/9/2020).

1. Hotel akan dibagi dalam dua tipe

20 Hotel di Jabar Siap Jadi Tempat Isolasi Mandiri Pasien COVID-19traveloka

Menurut Herman, nantinya hotel akan dibagi menjadi dua tipe. Hotel bintang dua dan tiga akan jadi tempat isolasi mandiri pasien COVID-19, dan bintang empat jadi tempat isolasi dokter dan suster.

"Jumlah hotel di Jabar ada 2.500, kita masih tunggu hotel lain yang mau mengajukan. Kita baru nominasi, nanti oleh pemda akan dipanggil kemudian diseleksi persyaratannya," kata dia.

2. Gubernur Jabar pastikan hotel bersedia dijadikan tempat isolasi mandiri

20 Hotel di Jabar Siap Jadi Tempat Isolasi Mandiri Pasien COVID-19Dok.Humas Jabar

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memastikan sejumlah hotel di berbagai daerah sudah bersedia memberikan fasilitas isolasi.

"Hotel-hotel sudah banyak yang bersedia di zona-zona yang kami anggap perlu dalam menindaklanjuti kebijakan terkait kepada suspect atau dulu namanya PDP untuk diisolasi khusus," katanya.

3. Perlu persiapan matang untuk perubahan dari hotel jadi tempat isolasi

20 Hotel di Jabar Siap Jadi Tempat Isolasi Mandiri Pasien COVID-19ilustrasi ruang isolasi COVID-19. ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya

Kepala Dinasi Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, Dedi Taufik mengatakan, untuk menyiapkan ruangan sebagai tempat istirahat atau isolasi mandiri pasien tanpa gejala memang tidak mudah. Dibutuhkan persiapan yang matang terlebih dahulu, karena banyak hal yang harus dipenuhi. Di antaranya, penerapan standar protokol kesehatan khusus untuk perawatan.

Dedi pun mengaku belum bisa memastikan jumlah hotel di Jawa Barat yang bisa terlibat dalam program ini. Hanya saja, ada beberapa hotel sudah mengajukan penawaran kepada dinas kesehatan setempat. Salah satunya di Kota Bogor.

“Targetnya hotel yang berpartisipasi ini bisa merata di semua daerah. Tapi mungkin untuk saat ini fokus di zona merah. Mudah-mudahan persiapan, koordinasi dengan pengusaha hotel termasuk dinas terkait dan kementerian bisa berjalan cepat dan baik,” kata dia.

Topic:

  • Debbie sutrisno
  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya