1.000 Pohon Ditanam Sekitar Tol Cipularang Demi Kelestarian Lingkungan

Tanamlah pohon di sekitar kita untuk masa depan lebih baik

Purwakarta, IDN Times - Gerakan melestarikan lingkungan dengan menanam pohon menjadi tren yang tak pernah redup. Penanaman ini bisa dilakukan di berbagai tempat sebagai bentuk penghijauan yang bermanfaat dalam jangka panjang.

Salah satu upaya pelestarian lingkungan ini juga dilakukan PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah). 1.000 pohon kali ini ditanamdi area pembangunan masjid Mandiri Syariah di ruas Tol Cipularang (Cikampek-Purwakarta-Padalarang) KM 88A. Luas kawasan masjid Mandiri Syariah di KM88A ini sendiri sekitar 2.300m2  dengan area yang akan menjadi zona hijau sekitar 778m2.

Direktur Finance, Strategy and Treasury Mandiri Syariah Ade Cahyo Nugroho mengatakan, pembangunan masjid dan penanaman pohon ini menunjukkan adanya keseimbangan bank syariah dalam meraih profit dan memberi manfaat bagi masyarakat.

"Mandiri Syariah selalu menyisihkan setiap 2,5 persen dari laba bersih untuk zakat yang manfaatnya bisa dirasakan oleh umat. Karena prinsip syariah adalah menjunjung keadilan, seimbang, dan membawa maslahat,” ujar Ade melalui siaran pers yang diterima IDN Times, Sabtu (21/11/2020).

1. Mandiri Syariah telah salurkan dana sosial Rp64 miliar

1.000 Pohon Ditanam Sekitar Tol Cipularang Demi Kelestarian Lingkunganbaznas.go.id

Ade menuturkan, pada kuartal III 2020 Mandiri Syariah  mencatat laba sebesar Rp1,07 triliun. Laba tersebut naik 21,5 persen year-on-year (yoy) dari Rp872 miliar pada periode yang sama tahun lalu. Hingga September 2020, Mandiri Syariah telah menyalurkan dana sosial dan zakat, infak, sedekah dan wakaf sebesar lebih dari Rp64 miliar dengan jumlah penerima manfaat sekitar 20 ribu baik lembaga maupun perorangan. 

Implementasi program kemaslahatan umat diwujudkan dalam program pemberdayaan masyarakat, penyediaan sarana ibadah (masjid dan mobil mushola), program peningkatan pendidikan mahasiswa dan pelajar (Islamic Development Sociopreneur Program dan beasiswa regular), hingga bantuan tanggap bencana.

2. Bisnis perusahaan harus menyeimbangan segala aspek termasuk lingkungan

1.000 Pohon Ditanam Sekitar Tol Cipularang Demi Kelestarian LingkunganDok.IDN Times/Istimewa

Gerakan menanam pohon, lanjut Ade, adalah upaya menjaga ekosistem untuk mewujudkan Sustainability Development Goals 2030 dan merupakan salah satu langkah penting bagi Mandiri Syariah dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan kelestarian lingkungan hidup untuk penyelamatan bumi dari ancaman perubahan iklim.

“Kami selalu menekankan bahwa dalam bisnis perbankan syariah harus sejalan dengan prinsip keuangan berkelanjutan yang mengutamakan pengembangan manusia, alam, serta keuntungan (people, planet, profit)," ujarnya.

3. Nasabah diajak untuk ikut serta dalam program yang berkaitan dengan bantuan sosial dan lingkungan

1.000 Pohon Ditanam Sekitar Tol Cipularang Demi Kelestarian Lingkungan(Ilustrasi lingkungan hidup) ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Sementara itu, Direktur Sales and Distribution Mandiri Syariah Anton Sukarna mengatakan, sebelumnya Mandiri Syariah telah membangun masjid di kawasan Rest Area KM 166 Tol Cipali (Cikopo-Palimanan) arah Cirebon, Jawa Barat. Program pembangunan masjid dilakukan untuk mengakomodir kebutuhan beribadah masyarakat yang tengah dalam perjalanan.

Beberapa jenis pohon yang ditanam dalam program ini antara lain Ketapang, Perdu Kalatean, Brekele, Pakis Kelapang, Melati Jepang, Rombusa dan Eliponia.

“Kami optimis program ini bisa memberikan manfaat tidak hanya dalam hal menjaga keseimbangan dan kelestarian lingkungan hidup, tetapi juga kenyamanan dan kekhusyukan dalam beribadah.”

Dalam menjalankan bisnis perbankan, Mandiri Syariah terus berkomitmen memberikan kontribusi bagi masyarakat, lingkungan kerja dan lingkungan hidup. Selain itu, Mandiri Syariah juga mengajak serta nasabah untuk turut berkontribusi dalam memberikan nilai tambah kepada umat dan lingkungan melalui program-program zakat, infaq, sedekah dan wakaf melalui lembaga Laznas BSM Umat dan situs JadiBerkah.id.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya