Potret Warga Kota Cimahi Saat Nyoblos Ulang Pemilu 2024

Ada empat TPS di Cimahi yang melakukan PSU dan PSL

Cimahi, IDN Times - Warga RT 03/11, Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Jawa Barat yang terdaftar di tempat pemungutan suara (TPS) 60 akhirnya menyakalurkan hak pilihnya pada Pemilu 2024 pada Sabtu (24/2/2024). Ada sekitar 225 pemilih di TPS tersebut.

Sebelumnya, pemungutan suara Pemilu 2024 yang berlangsung serentak pada 14 Februari 2024 harus ditunda di TPS 60 Kelurahan Utama karena tidak ada satupun kertas Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWS). Dengan begitu, disepakati untuk dilakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU).

Salah satu warga, Cici Sri Mulyani (31 tahun), yang mengaku antusias menyampaikan hak pilihnya yang sempat tertunda. Dia hadir tepat waktu agar bagian awal masuk ke bilik suara mencoblos pilihannya di TPS 60.

"Waktu itu sudah datang dari pagi, kecewa juga gak jadi nyoblos bareng dengan yang lain. Tapi alhamdulillah hari ini sudah bisa memberikan suaranya," kata Cici.

1. Pemilih mengaku tidak ada kesulitan saat memilih

Potret Warga Kota Cimahi Saat Nyoblos Ulang Pemilu 2024(Bangkit Rizki/IDN Times)

Menurut Cici, tak ada kesulitan berarti yang dialami saat menyampaikan hak suara, meski waktu yang dibutuhkan di balik bilik suara cukup lama karena banyaknya jenis surat suara yang mesti dicoblos.

"Kalau kesulitannya gaj ada, cuma ya itu saja terlalu banyak kertasnya. Jadi agak lama di dalamnya. Tapi alhamdulillah lancar," ucap Cici.

Cici mengatakan kendati di televisi dan berbagai portal berita hingga media sosial berseliweran hasil penghitungan suara sementara, hal itu tak mengubah pilihannya di Pemilu kali ini.

"Alhamdulillah pendirian panceg (teguh), gak memengaruhi. Sudah ada pilihan, sampai sekarang masih sama," kata Cici.

2. KPU Kota Cimahi klaim masyarakat cukup antusias

Potret Warga Kota Cimahi Saat Nyoblos Ulang Pemilu 2024(Bangkit Rizki/IDN Times)

Suara yang ia berikan tetap layak meskipun dilaksanakan dalam waktu berbeda. Lagian, masyatakat cukup antusias untuk mengikuti PSU di TPS 60 Kelurahan Utama. Mereka menyebarkan hak pilihnya untuk memilih presiden dan wakil presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kota.

Antusias warga sendiri di TPS PSU 60 sudah banyak yang hadir, semuanya belum mencoblos, kata Ketua KPU Cimahi, Anzhar Ishal Afryand.

3. Pemungutan suara berlangsung di tiga TPS lainnya

Potret Warga Kota Cimahi Saat Nyoblos Ulang Pemilu 2024(Bangkit Rizki/IDN Times)

Selain PSU, KPU Kota Cimahi juga melakukan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) di TPS 5, 6, dan 7 Kelurahan Utama Kecamatan Cimahi. Pemungutan sebelumnya harus ditunda karena surat suara Pileg DPRD Kota Cimahi tertukar dapil.

Untuk pelaksanaannya PSU dan PSL itu, dibutuhkan tambahan surat suara mencapai 1.030 lembar. Rinciannya terdiri dari 230 surat suara PPWP untuk PSU di TPS 60, 229 surat suara anggota DPRD Kota Cimahi Dapil 4 untuk TPS 5,287 surat suara anggota DPRD Kota Cimahi Dapil 4 untuk TPS 6, dan 284 surat suara anggota DPRD Kota Cimahi Dapil 4 untuk TPS7.

“Untuk terpenuhinya kebutuhan, tidak ada kendala logistik. Semua kebutuhan surat suara terpenuhi,” ucapnya.

Mekanisme pencoblosan pada PSU dan PSL, lanjut Anzhar, sama dengan proses pemungutan dan penghitungan suara Pemilu Serentak 2024.

"Sama saja, mekanisme seperti pencoblosan biasa. Setelah pemungutan surat suara, nanti KPPS melalukan perhitungan dengan disaksikan para saksi parpol dan pengawas pemungutan suara," ujarnya.

Baca Juga: Viral Pria Bogem Kekasihnya Hingga Terjungkal di Kota Cimahi

Baca Juga: Warga Cimahi Rela Sewa Angkot Demi Dapatkan Beras Murah 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya