Masih Ada Api, Helikopter Water Bombing Beraksi Lagi di TPA Sarimukti

Pemadaman api di Sarimukti dilakukan lewat udara dan darat

Bandung Barat, IDN Times - Helikopter water bombing kembali beroperasi untuk menangani kebakaran sampah di TPA Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat (KBB) yang belum padam sepenuhnya. Helikopter milik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) itu kembali menumpahkan air untuk memadamkan api pada Rabu (6/9/2023). 

"Kemarin (helikopter water bombing) tidak datang ke sini ( TPA Sarimukti). Hari ini ada lagi," kata Kepala Seksi Kedaruratan pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB Amas Winata di lokasi.

 

1. Penanganan kebakaran dilakukan dari darat dan udara

Masih Ada Api, Helikopter Water Bombing Beraksi Lagi di TPA SarimuktiKondisi Terkini di TPA Sarimukti, Rabu (6/9/2023). (Bangkit Rizki/IDN Times)

Dengan beroperasinya lagi helikopter water bombing milik BNPB, maka penanganan kebakaran sampah di TPA Sarimukti yang nyaris berlangsung tiga pekan itu akan dilakukan lewat dua arah yakni jalur darat dan jalur udara.

Dari jalur darat, penanganan akan tetap dilakukan petugas pemadam kebakaran, dibantu aparat TNI dan Polri serta BPBD KBB. Penanganan, kata Amas, akan difokuskan per zona di TPA Sarimukti.

"Jadi sekarang difokuskan di satu titik. Misalnya difokuskan di zona 1, kita fokus dulu di sana sampai benar-benar padam," ujar Amas.

2. Membuat akses jalan damkar menuju zona 3

Masih Ada Api, Helikopter Water Bombing Beraksi Lagi di TPA SarimuktiPembukaan Akses Jalur Menuju Zona 3. (Bangkit Rizki/IDN Times)

Untuk memudahkan penanganan kebakaran dari jalur darat, kata Amas, saat ini pengelola TPA Sarimukti sedang membuat akses jalan yang dipenuhi gunungan sampah menuju zona 3. Akses jalan tersebut akan digunakan untuk mobilisasi pemadam kebakaran.

Amas mengatakan, kondisi kebakaran di TPA Sarimukti sendiri cenderung membaik meskipun diakuinya masih ada titik-titik api dikedalaman gunungan sampah. Selain itu, asap tebal juga masih terlihat meskipun tidak separah sebelumnya.

"Hari ini kita mencoba membuat jalan tembus ke zona 3. Ini sebagai upaya pemadaman di zona 3. Yang jelas hari ini lebih baik. Kalau titik api masih ada tapi tidak terlihat karena di bawah, terlihat kalau malam hari," kata Amas.

3. Helikopter water bombing sempat dihentikan

Masih Ada Api, Helikopter Water Bombing Beraksi Lagi di TPA Sarimukti(Bangkit Rizki/IDN Times)

Helikopter Water Bombing yang sudah beroperasi 25 Agustus 2023 sempat dihentikan sementara pada Selasa (5/9/2023). Informasinya, helikopter tersebut sempat digeser ke lokasi lain.

"Karena helikopter akan digeser ke wilayah lain yang sedang membutuhkan. Proses pemadaman besok akan fokus melalui jalur darat," kata Kepala Pelaksana BPBD Bandung Barat, Djarot Prasetyo.

 

Baca Juga: Kapasitas Buang Sampah Zona Darurat TPA Sarimukti Nyaris Penuh

Baca Juga: Menanti Langkah Bey Machmudin Selesaikan Kebakaran TPA Sarimukti

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya