Comscore Tracker

Wisatawan Tumplek di Lembang pada Puncak Wisata Libur Isra Miraj 

Volume kendaraan naik 40 persen dari biasanya

Bandung Barat, IDN Times - Volume kendaraan di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengalami peningkatan. Kepadatan arus lalu lintas ini didominasi oleh kendaraan wisata dari wisatawan lokal dan luar daerah.

Dari pantauan IDN Times, kepadatan terjadi di beberapa ruas jalan Lembang khususnya di pintu keluar masuk sejumlah obyek wisata. Kepadatan kendaraan ini diprediksi menjadi puncak kunjungan wisata libur Isra Miraj yang jatuh pada hari ini, Minggu (27/2/2022).

1. Kepadatan arus lalu lintas masih terkendali

Wisatawan Tumplek di Lembang pada Puncak Wisata Libur Isra Miraj Ilustrasi (IDN Times/Bagus F)

Kanit Laka Satlantas Polres Cimahi, Ipda Bayu Subekti mengatakan, peningkatan volume kendaraan ini mulai terlihat pada siang menjelang sore hari. Meski demikian, kepadatan ini masih bisa tertangani tanpa melakukan cara bertindak (CB) one way. 

"Peningkatan sekitar 30 persen sampai 40 persen. Tapi masih bisa kita kendalikan. Karena kebetulan tadi habis hujan jadi kemungkinan wisatawan keluar dengan bersamaan," ujar Bayu saat ditemui di pertigaan Beatrix, Lembang.

2. CB one way disiapkan jika kendaraan mengular

Wisatawan Tumplek di Lembang pada Puncak Wisata Libur Isra Miraj Kepadatan arus lalu lintas di jalur wisata Lembang. (IDN Times/Bagus F)

Polisi sudah menyiapkan langkah pengaturan lalu lintas jika terjadi kepadatan kendaraan lebih tinggi. Polisi sudah siap untuk melakukan cara bertindak (CB) ganjil-genap dan CB one way jika kendaraan terlihat mengular lebih dari 1 kilometer.

"Sekarang kita sedang melakukan CB ganjil-genap. Jika nanti terlihat ada peningkatan kepadatan kita akan melakukan CB obe way," kata Bayu.

3. Wisatawan lokal mendominasi

Wisatawan Tumplek di Lembang pada Puncak Wisata Libur Isra Miraj Kepadatan arus lalu lintas di jalur wisata Lembang. (IDN Times/Bagus F)

Bayu menyampaikan, pada liburan kali ini kendaraan wisata lokal lebih mendominasi. Namun, kendaraan-kendaraan luar kota pun terlihat keluar masuk obyek wisata. Hal itu bisa dipantau dari plat nomor kendaraan yang memadati kawasan wisata Lembang.

"Kebanyakan dari wisatawan lokal karena dilihat dari plat nomor kendaraan wilayah Bandung," ungkapnya.

4. Puncak liburan terjadi hari ini

Wisatawan Tumplek di Lembang pada Puncak Wisata Libur Isra Miraj Kepadatan arus lalu lintas di jalur wisata Lembang. (IDN Times/Bagus F)

Bayu menyebutkan, puncak kepadatan arus lalu lintas diprediksi terjadi pada hari ini. Sementara arus balik kendaraan wisata diprediksi terjadi besok Senin, 28 Februari 2022.

"Puncak wisata diprediksi hari ini karena besok hari terakhir libur. Mungkin hari ini puncak wisatawan berkunjung ke Lembang," tutup Bayu.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya