Comscore Tracker

Tiga Hari Lockdown, RSUD Cibabat Cimahi Kembali Buka Pelayanan

Pembukaan pelayanan berdasar hasil swab para pegawai negatif

Cimahi, IDN Times - Setelah tiga hari tutup, Rumah sakit umum daerah (RSUD) Cibabat Kota Cimahi mulai membuka pelayanan kembali. Penutupan rumah sakit dilakukan lantaran 12 pegawai di RSUD Cibabat dinyatakan positif COVID-19.

Dibukanya kembali pelayanan rumah sakit berdasar pada pertimbangan atas hasil tes usap atau swab test massal kepada seluruh pegawai RSUD yang dinyatakan negatif.

1. Semua pelayanan dibuka

Tiga Hari Lockdown, RSUD Cibabat Cimahi Kembali Buka PelayananPelaksanaan swab test di RSUD Cibabat. (IDN Times/Bagus F)

Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna mengatakan, semua pegawai di RSUD Cibabat Cimahi yang berjumlah 1.050 orang sudah menjalankan swab test. Swab test massal ini dilakukan untuk mengetahui peta penyebaran COVID-19 di RSUD Cibabat.

"Hasilnya alhamdulillah negatif semua. Jadi semuanya pelayanan dibuka," ujar Ajay saat ditemui di DPRD Kota Cimahi, Jumat (14/8/2020).

2. Tertular dari eksternal rumah sakit

Tiga Hari Lockdown, RSUD Cibabat Cimahi Kembali Buka PelayananPelaksanaan swab test di RSUD Cibabat. IDN Times/Bagus F

Ajay meminta kasus COVID-19 di RSUD Cibabat menjadi pelajaran bagi pegawai RSUD juga warga Cimahi agar tidak abai pada protokol kesehatan. Menurut Ajay, kasus penyebaran COVID-19 di RSUD Cibabat berawal dari lalainya pegawai yang menggelar kumpul keluarga tanpa protokol kesehatan. Terlebih kumpul keluarga itu satu ruangan dengan pasien positif tanpa gejala.

"Karena kemarin kenanya (tertularnya) bukan di dalam (RSUD Cibabat) di luar kenanya. Yang terus kita sarankan ke temen-temen untuk lebih edukasi," paparnya.

3. Tiga dari 12 pegawai positif sudah sembuh

Tiga Hari Lockdown, RSUD Cibabat Cimahi Kembali Buka PelayananPelaksanaan swab test di RSUD Cibabat. (IDN Times/Bagus F)

Ajay menyampaikan, kondisi 12 pegawai yang sebelumnya dinyatakan positif, kini sudah membaik. Tercatat tiga orang dari mereka sudah dinyatakan negatif COVID-19 atau sembuh.

"Kondisinya bagus-bagus. Tiga pegawai yang sebelumnya positif, sekarang sudah sembuh katanya. Mudah-mudahan pegawai yang lainnya menyusul sembuh," pungkas Ajay.

4. Hasil swab seluruh pegawai keluar hari ini

Tiga Hari Lockdown, RSUD Cibabat Cimahi Kembali Buka PelayananPelaksanaan swab test di RSUD Cibabat. (IDN Times/Bagus F)

Sementara itu, Kepala Bidang Pelayanan dan Penunjang pada RSUD Cibabat, dr. Ars. Agustiningsih menambahkan, dari total sekitar 1.000 lebih pegawai yang sudah dilakukan swab test, baru 556 orang di antaranya yang hasil tesnya sudah terbit.

"Yang prioritas (diutamakan untuk tes) itu dokter, perawat, kontak erat yang pelayanan langsung sudah keluar hasilnya. Negatif semua," sebut Ars.

Sedangkan sisanya sekitar 488 pegawai, hasilnya keluar hari ini. Mereka merupakan tenaga penunjang yang bertugas di bagian administrasi atau manajemen RSUD Cibabat yang tidak melakukan pelayanan langsung kepada masyarakat. "Hasilnya Insya Allah keluar hari ini," imbuh sang dokter.

Baca Juga: Resmi Lockdown, 1.050 Pegawai RSUD Cibabat Cimahi Swab Test Serentak

Baca Juga: Di Tengah Wabah Corona, 151 Pasien DBD Dirawat di RSUD Cibabat Cimahi

Baca Juga: Jabar Siaga Satu, RSUD Cibabat Siapkan Ruang Khusus Pasien Corona

Topic:

  • Bagus F
  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya