Tes Hari Ini, Dua Wisatawan Asal Jakarta Ditemukan Reaktif di Lembang

Dua wisatawan Floating Market reaktif

Bandung Barat, IDN Times - Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali temukan dua wisatawan reaktif COVID-19 saat berkunjung ke kawasan wisata Lembang. Dua wisata itu ditemukan usai mengikuti tes rapid secara acak yang digelar di objek wisata Floating Market.

Tes rapid yang dilakukan secara acak di sejumlah objek wisata selama libur panjang ini dimaksudkan untuk menghindari timbulnya klaster wisata di Bandung Barat. Satu hari selumnya, Dinkes menemukan seorang wisatawan Taman Wisata Grafika Cikole (TWGC) dinyatakan reaktif usai mengikuti rapid test acak.

Per Sabtu 31 Oktober ini, rapid test acak itu di gelar di dua objek wisata dengan ketersediaan 200 alat rapid. Sementara terealisasi kepada 158 wisatawan dari Lereng Anteng dan Floating Market.

1. Dua wisatawan asal Jakarta langsung diswab

Tes Hari Ini, Dua Wisatawan Asal Jakarta Ditemukan Reaktif di LembangIlustrasi tes usap atau swab test. IDN Times/Bagus F

Kasi Surveilans dan Imunisasi Bidang P2P Dinkes KBB, Muhamad Zauhari mengatakan, dua wisatawan Floating Market reaktif itu diketahui berasal dari Jakarta. Dua wisatawan reaktif itu kemudian diarahkan untuk menjalankan tes usap atau swab test.

"Ada dua wisawatan asal Jakarta yang reaktif dari hasil rapid. Mereka langsung kami pisahkan dan dilanjutkan dengan menjalani swab test," ungkap Zauhari, Sabtu (31/10/2020).

2. Bakal ditangani oleh dinkes daerah asal mereka

Tes Hari Ini, Dua Wisatawan Asal Jakarta Ditemukan Reaktif di LembangWisatawan mengikuti tes rapid di objek wisata Lembang. (IDN Times/Bagus F)

Zauhari menyampaikan, dua wisatawan reaktif itu selanjutnya diserahkan ke dinas kesehatan daerah asal mereka untuk dilakukan pemantauan lebih lanjut. Langkah itu dilakukan untuk memudahkan traking yang bersangkutan jika hasil swab menunjukkan positif COVID-19.

"Kami langsung komunikasikan ke dinas kesehatan setempat, karena datanya kan sudah tercatat," jelasnya.

3. Rapid test gratis bagi wisatawan

Tes Hari Ini, Dua Wisatawan Asal Jakarta Ditemukan Reaktif di LembangWisatawan mengikuti tes rapid di objek wisata Lembang. (IDN Times/Bagus F)

Dinkes KBB bakal terus melakukan tes rapid secara acak hingga Minggu (1/11/2020) besok. Sasarannya masih sama yakni tempat wisata yang banyak dikunjungi wisatawan dari luar daerah.

"Rapid test ini sebagai antisipasi munculnya kasus baru dari cluster wisata. Dilakukan secara acak, gratis, dan atas kesadaran dari pengunjung," kata Zauhari.

4. Sebagai jaminan kesehatan bagi wisatawan dan pengelola

Tes Hari Ini, Dua Wisatawan Asal Jakarta Ditemukan Reaktif di LembangFloating Market. (IDN Times/Bagus F)

Ditemui terpisah, Corporate Secretary & PR Floating Market, Intania Setiati menyebutkan, tujuan digelarnya rapid test di tempat wisata ini untuk memberikan jaminan kenyamanan dan jaminan kesehatan bagi pelaku wisata maupun bagi wisatawan lain.

"Rapid test ini lebih cenderung memberi jaminan kesehatan bagi pengunjung dan pengelola. Makanya banyak pengunjung antusias karena gratis dan surat keterangan hasilnya bisa dipakai di tempat lain. Seperti di stasiun saat akan naik kereta api," sebut Intan.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya