Rumah Hancur Akibat Ledakan Gas Melon di Cimahi, Dua Orang Luka Berat

Korban mengalami luka bakar sampai 88 persen

Cimahi, IDN Times - Satu rumah warga hancur setelah gas elpiji 3 kg milik warga meledak di Kampung Ciseupan RT 05/07, Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi pada Senin (20/1).

Dalam kejadian itu, dua korban mengalami luka parah akibat tertimpa material bangunan rumah. Kedua korban saat ini sudah di bawa ke Rumah Sakit Dustira, Kota Cimahi untuk penanganan medis.

1. Berawal saat menyalakan kompor

Rumah Hancur Akibat Ledakan Gas Melon di Cimahi, Dua Orang Luka BeratDok. IDN Times/Istimewa

Komandan Regu Pemadam Kebakaran Kota Cimahi, Indra Hadi mengatakan, kejadian itu bermula ketika anak pemilik rumah hendak menyalakan kompor untuk memasak telur.

"Awalnya anak pemilik rumah menyalakan kompor gas untuk goreng telur, ketika kompor menyala, langsung terjadi ledakan," ungkap Indra.

2. Tabung gas ditanam di dalam tanah

Rumah Hancur Akibat Ledakan Gas Melon di Cimahi, Dua Orang Luka BeratIlustrasi penambahan kuota gas elpiji 3 kilogram. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Ledakan hingga mengakibatkan bangunan rumah runtuh itu lanjut Indra, disebabkan karena tabung gas elpiji 3 kg ditanam di bawah tanah. Dugaan sementara ada kebocoran gas.

Indikasi kebocoran gas diduga sudah lama terjadi. Sehingga api yang dinyalakan seketika menyulut gas yang telah bocor dan memenuhi ruangan. Jangan heran jika ledakannya cukup kuat, sampai bisa menghancurkan rumah.

"Keberadaan tabung gas di dapur posisinya di bawah tanah yang mengakibatkan rumah atau bangunan roboh, material yang ikut roboh menimpa pemiliknya," ujar Indra.

3. Korban luka bakar cukup parah

Rumah Hancur Akibat Ledakan Gas Melon di Cimahi, Dua Orang Luka Berat(Ilustrasi) IDN Times/Sukma Shakti

Sementara itu, warga sekitar, Ivan Nur Alama, menuturkan dari kejadian itu dua korban mengalami luka berat akibat tertimpa reruntuhan bangunan yang hancur akibat ledakan. Dua korban itu yakni Rani Rohani (45 tahun) dan Niken Devanisa Bangun (13).

"Ibu Rani luka 66 persen masih di RS Dustira. Sedangkan menurut informasi dari RS Dustira adik Niken harus di rujuk ke RS Hasan Sadikin karena luka bakar 88 persen," paparnya.

4. Reruntuhan menimpa rumah tetangga

Rumah Hancur Akibat Ledakan Gas Melon di Cimahi, Dua Orang Luka BeratDok. IDN Times/Istimewa

Sementara anggota keluarga Rani saat ini harus mengungsi sementara untuk bermalam. Sedangkan anak bungsu dari ibu Rani rencananya akan bermalam di rumah tetangganya.

Akibat ledakan itu, rumah milik Siti Jubaedah yang berada di samping rumah korban yang mengalami ledakan juga mengalami rusak karena tertimpa material bangunan.

"Material yang ikut roboh juga menimpa rumah milik Ibu Siti Jubaedah," pungkasnya.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya