Puncak Kunjungan Wisatawan Hari Ini, Arus Balik Diprediksi Nanti Malam

Volume kendaraan lebih tinggi dari hari kemarin

Bandung Barat, IDN Times - Puncak arus kendaraan di jalur wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) diprediksi terjadi pada hari Sabtu 2 Januari 2021 ini. Terpantau, arus kendaraan dari arah Bandung menuju Lembang mengalami peningkatan.

Peningkatan volume kendaraan wisatawan terjadi sejak hari pertama tahun 2021 kemarin. Kendaraan yang masuk ke kawasan wisata didominasi oleh kendaraan luar daerah.

1. 50 persen lebih tinggi dari kemarin

Puncak Kunjungan Wisatawan Hari Ini, Arus Balik Diprediksi Nanti MalamPintu masuk Farmhouse. (IDN Times/Bagus F)

Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Susanti Samaniah mengatakan, volume kendaraan hari ini 50 persen lebih tinggi dibanding hari kemarin. Menurutnya, hari ini merupakan puncak kunjungan wisatawan ke Lembang.

"Dibanding kemarin, hari ini ada peningkatan volume kendaraan hingga 50 persen di kawasan wisata Lembang. Prediksi kami hari ini juga puncak kedatangan wisatawan," ujar Santi, Sabtu (2/1/2021).

2. Buntut macet sampai batas kota, polisi berlakukan one way

Puncak Kunjungan Wisatawan Hari Ini, Arus Balik Diprediksi Nanti MalamANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Santi menyebutkan, kepadatan antrean kendaraan sempat terjadi. Buntut macet arus kendaraan yang mengarah ke Lembang mencapai batas kota Bandung. Oleh karenanya petugas memberlakukan cara bertindak (CB) one way atau rekayasa lalu lintas satu jalur.

"Baru hari ini saja kami lakukan penarikan kendaraan dari arah Bandung menuju Lembang, itu pun baru satu kali. Karena memang sebelumnya lancar," kata Santi.

3. Sore hari kepadatan sudah terurai

Puncak Kunjungan Wisatawan Hari Ini, Arus Balik Diprediksi Nanti MalamMacet di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat. (IDN Times/Bagus F)

Santi melaporkan, kepadatan kendaraan hanya terjadi pagi menjelang siang, sementara di sore hari, kendaraan mulai ramai lancar. Penumpukan yang biasa terjadi di titik-titik pintu masuk obyek wisata saat sudah terurai.

"Untuk kondisi saat ini sudah lancar, kepadatan hanya sementara dan langsung terurai begitu kami lakukan penarikan," paparnya.

4. Puncak arus balik terjadi besok

Puncak Kunjungan Wisatawan Hari Ini, Arus Balik Diprediksi Nanti MalamMacet di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat. (IDN Times/Bagus F)

Diprediksi, arus balik kendaraan wisatawan mulai pada malam ini hingga Minggu 3 Januari besok siang. Jika terjadi kepadatan, baru akan diberlakukan pengalihan arus atau penarikan arus dengan satu jalur.

"Malam ini sudah terjadi arus balik, tapi tidak sekaligus. Mungkin besok siang puncaknya. Kami imbau untuk tetap menggunakan jalur arteri, kecuali sudah terjadi kepadatan akan kami lakukan rekayasa lalulintas," pungkasnya

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya