Liburan di Lembang, Wisatawan Bogor Dipulangkan akibat Reaktif COVID

Wisatawan dinyatakan positif setelah ikut rapid test antigen

Bandung Barat, IDN Times - Seorang wisatawan dinyatakan reaktif COVID-19, usai mengikuti rapid test antigen di objek wisata Farmhouse, Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Kamis (31/12/2020) pagi.

Wisatawan tersebut berasal dari Bogor itu datang bersama keluarganya hendak menghabiskan libur akhir tahun di kawasan wisata Lembang.

1. Wisatawan ikut tes sekeluarga

Liburan di Lembang, Wisatawan Bogor Dipulangkan akibat Reaktif COVIDWisatawan mengikuti rapid test antigen di Farmhouse. (IDN Times/Bagus F)

Public Relation The Great Asia Africa dan Farmhouse Intania Setiati mengatakan, rapid test antigen yang dilakukan di parkiran Farmhouse dilakukan untuk mencegah adanya penyebaran COVID-19 di lingkungan wisata.

"Betul, seorang wisatawan dari Bogor positif COVID-19. Kalau keluarganya yang lain negatif, sekeluarga itu rapid test antigen semua," ungkap Intan.

2. Sekeluarga diarahkan pulang untuk isolasi mandiri

Liburan di Lembang, Wisatawan Bogor Dipulangkan akibat Reaktif COVIDPengunjung Wisatawan Farmhouse mengikuti rapid test antigen. (IDN Times/Bagus F)

Atas ditemukannya seorang wisatawan yang positif, pengelola mengarahkan agar wisatawan yang bersangkutan itu untuk kembali ke rumah. Satu keluarga diminta melakukan isolasi mandiri di rumahnya.

"Sekeluarga itu diarahkan pulang lagi karena sudah jelas satu orangnya positif COVID-19," kata Intan.

3. 65 wisatawan ikut tes rapid antigen

Liburan di Lembang, Wisatawan Bogor Dipulangkan akibat Reaktif COVIDPintu masuk Farmhouse. (IDN Times/Bagus F)

Pelaksanaan rapid test antigen di Farmhouse hari ini, petugas medis menyiapkan 100 alat rapid test antigen. Dari 100 alat, hanya 65 alat rapid test yang digunakan.

"Dari 100 alat yang disediakan, hanya 65 saja yang terpakai. Hasilnya 64 negatif dan 1 positif COVID-19," ucapnya.

4. Obyek wisata dijamin aman dikunjungi

Liburan di Lembang, Wisatawan Bogor Dipulangkan akibat Reaktif COVIDIDN Times/Bagus F

Intan menjelaskan, meski ada wisatawan yang dinyatakan positif, Farmhouse masih tetap aman untuk dikunjungi. Protokol kesehatan dari pintu masuk hingga di area obyek wisata ketat diterapkan.

"Lokasi rapid test antigennya berada di luar area wisata. Wisatawan juga tidak sempat masuk ke Farmhouse. Jadi kita jamin Farmhouse aman untuk dikunjungi," pungkasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya