Keterisian Bed Pasien COVID di Seluruh RSUD di KBB Berangsur Kosong

Pemda mengklaim kasus COVID-19 mulai turun

Bandung Barat, IDN Times - Pemerintah daerah Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengklaim kasus COVID-19 menurun semenjak diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berskala mikro.

Klaim penurunan itu seiring dengan laporan terbaru yang menunjukkan berkurangnya bed ocupancy ratio (BOR) atau berkurangnya keterisian tempat tidur di ruang isolasi seluruh rumah sakit umum daerah (RSUD) di KBB.

1. Banyak pasien rumah sakit sembuh

Keterisian Bed Pasien COVID di Seluruh RSUD di KBB Berangsur KosongRumah Sakit Umum Daerah Cililin, Bandung Barat. (IDN Times/Bagus F)

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) KBB Imam Santoso mengatakan, dalam beberapa waktu kebelakang, keterisian bed di RSUD Lembang, Cikalongwetan dan Cililin memang penuh. Namun, laporan terbaru tingkat kesembuhan meningkat sehingga banyak bed yang tidak terisi.

"Progres terakhir dari laporan masuk tempat tidur pasien COVID-19 di tiga RSUD itu masih tersedia," ungkap Imam, Kamis (18/2/2021).

2. Banyak bed pasien COVID-19 tak terisi

Keterisian Bed Pasien COVID di Seluruh RSUD di KBB Berangsur KosongIlustrasi ruang isolasi pasien COVID-19. (ANTARA FOTO/Jojon)

Dinkes mencatat, keterisian di RSUD Lembang dari total jumlah bed sebanyak 21 yang terisi hanya 16 bed, di RSUD Cililin dari jumlah bed 20 terisi 13 bed, sementara di RSUD Cikalongwetan sebanyak 18 bed hanya terisi 8 bed.

Menurut Imam, hal itu menunjukkan tren kemunculan kasus COVID-19 di KBB mengalami penurunan. Sementara angka kesembuhan terus mengalami peningkatan. Diharapkan semua ruang perawatan dan tempat isolasi di rumah sakit tidak lagi ada yang merawat pasien COVID-19.

"Semoga dengan PPKM mikro ini angka kasusnya terus menurun dan tingkat kesembuhan naik. Hasil monitoring ruang isolasi di sejumlah desa juga kosong, itu artinya tidak ada yang terpapar," sebut Imam.

3. KBB masih zona oranye

Keterisian Bed Pasien COVID di Seluruh RSUD di KBB Berangsur KosongIDN Times/Bagus F

Imam menyampaikan, saat ini wilayah Kabupaten Bandung Barat masuk dalam kategori zona oranye atau risiko penyebaran COVID-19 sedang. Dengan menurunnya kasus COVID-19 ini diharapkan bisa mengantarkan KBB ke zona kuning ataupun hijau.

"Sekarang KBB masih di zona oranye, dengan tren kesembuhan yang naik semoga bisa jadi zona kuning bahkan hijau," ujarnya.

4. Tingkat kesembuhan tinggi

Keterisian Bed Pasien COVID di Seluruh RSUD di KBB Berangsur KosongANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Hingga Kamis 18 Februari pagi, angka kesembuhan kini mencapai 96 kasus. Sementara angka kasus positif aktif mengalami penurunan dari 587 orang menjadi 491 orang.

Sementara jumlah pasien COVID-19 yang meninggal dunia tercatat sebanyak 42 orang. Sementara total keseluruhan yang terkonfirmasi ada 3.482 orang dan sembuh 2.949 orang.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya