Kasus COVID di Lingkungan Pemda KBB Meningkat, Bupati Tutup Dua Gedung

Dua gedung yang ditutup yakni gedung A dan C

Bandung Barat, IDN Times - Jumlah kasus COVID-19 di Komplek Perkantoran Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bandung Barat (KBB) semakin meningkat. Akibatnya, aktivitas sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus dikerjakan dari rumah atau work from home (WFH).

Meningkatnya kasus COVID-19 di kalangan aparatur sipil negara (ASN) ini lantaran digelarnya tes usap atau swab test secara masif. Dari tes massal itu, ditemukan sebanyak 26 ASN yang terkonfirmasi positif COVID-19 yang berkantor di gedung A dan gedung C.

1. PNS di gedung A dan C WFH

Kasus COVID di Lingkungan Pemda KBB Meningkat, Bupati Tutup Dua GedungIlustrasi PNS mengikuti tes usap atau swab test. (IDN Times/Bagus F).

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara mengatakan, penutupan dua gedung perkantoran Pemda ini dilakukan untuk mencegah penyebaran virus lebih luas.

"Saat ini pemberlakuan penutupan gedung A dan C diperpanjang selama 14 hari ke depan. Diharapkan, setelah 14 hari dilakukan penutupan, Pemda bisa kembali aman," kata Umbara, Rabu (9/9/2020).

2. WFH untuk cegah penyebaran virus

Kasus COVID di Lingkungan Pemda KBB Meningkat, Bupati Tutup Dua GedungPixabay

Sebelum ditutup, WFH juga sudah dilakukan namun dengan bergilir. Artinya, sebagian PNS masih bekerja di kantor sementara sebagian lain bekerja di rumah. Aktivitas itu bergilir terjadwal untuk mengurangi kerumunan di kantor.

"WFH dilakukan untuk menghindari penyebaran semakin meluas. Selain itu, tes swab juga kita akan rutin laksanakan untuk memetakan penyebaran virus," lanjutnya.

3. Starter pack protokol COVID harus dipakai

Kasus COVID di Lingkungan Pemda KBB Meningkat, Bupati Tutup Dua GedungPexels.com/cottonbro

Meski harus bekerja dari rumah, para PNS juga diimbau untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan. Jika pun terpaksa harus keluar rumah, starter pack protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

"Tetap jaga kesehatan terutama gunakan masker dan sediakan Handsanitizer kemana pun. Agar rantai penyebaran Covid-19 terputus," tandasnya.

4. Saat ini sudah 26 PNS yang positif

Kasus COVID di Lingkungan Pemda KBB Meningkat, Bupati Tutup Dua GedungIlustrasi tes usap atau swab test. IDN Times/Bagus F

Untuk diketahui, hingga saat ini Dinas Kesehatan Bandung Barat mencatatkasus PNS yang terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 26 orang. Dari 26 PNS itu, sebanyak 5 PNS sudah dinyatakan sembuh. PNS yang sembuh merupakan kasus awal terpaparnya ASN Pemda KBB.

Dari lima kasus pertama, Pemda langsung menggelar tes massal kepada seluruh PNS. Maka ditemukanlah 21 PNS positif COVID-19. Hasil tersebut belum dikatakan final lantaran masih banyak sampel swab PNS yang belum keluar.

Meski demikian, Dinkes memastikan, 21 PNS yang terkonfirmasi positif itu tidak memiliki gejala klinis. Artinya, mereka masuk dalam kategori orang tanpa gejala (OTG). Sehingga, mereka dianjurkan untuk melakukan isolasi di rumahnya masing-masing.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya