Jadi Sumber PAD, Pemda KBB Siapkan 1.500 Vaksin untuk Sektor Wisata

Vaksin menyasar kepada pemilik dan pegawai di sektor wisata

Bandung Barat, IDN Times - Vaksinasi COVID-19 mulai menyasar sektor wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB). Pemkab Bandung Barat menyiapkan sekitar 1.500-an jatah vaksin untuk disuntikan kepada pegawai maupun pelaku usaha wisata.

Sektor wisata sendiri menjadi penyumbang pendapatan daerah (PAD) terbesar di KBB. Oleh karena itu, pelaku wisata ini menjadi salah satu kelompok sasaran vaksin lantaran dinilai penting menerima vaksin.

1. Total ada 1.547 orang di sektor wisata bakal divaksin

Jadi Sumber PAD, Pemda KBB Siapkan 1.500 Vaksin untuk Sektor Wisatafreepik.com/ @freepik

Kepala Bidang Pariwisata pada Disparbud Bandung Barat David Oot mengatakan, pada pendataan awal Disbudpar menyiapkan sebanyak 850 vaksin. Namun, seiring berjalannya waktu antusias pelaku usaha wisata mengajukan ulang jatah vaksin.

"Menang ada penambahan, jadi total 1.547 yang akan divaksinasi COVID-19. Itu termasuk pemilik wisata dan semua pegawainya," ungkap David saat dihubungi, Senin (15/3/2021).

2. Sudah 89 orang disektor wisata disuntik

Jadi Sumber PAD, Pemda KBB Siapkan 1.500 Vaksin untuk Sektor WisataPengunjung objek wisata TWGC Lembang. (IDN Times/Bagus F)

Proses vaksinasi untuk pelaku wisata sendiri sudah berjalan sejak Jumat 12 Maret kemarin. Vaksinasi tahap pertama itu dilakukan menyasar kepada para pemilik wisata yang dilaksanakan di objek wisata Terminal Wisata Grafika Cikole (TWGC) Lembang.

"Untuk tahap pertama itu diawali untuk pemiliknya dulu. Total ada 89 pemilik wisata yang sudah divaksinasi," ujar David.

3. Pemilik wisata jadi target pertama

Jadi Sumber PAD, Pemda KBB Siapkan 1.500 Vaksin untuk Sektor WisataIDN Times/Bagus F

David mengatakan, Pemda KBB sengaja menyasar para pemilik wisata dahulu yang divaksin. Hal itu dimaksudkan agar para pegawai tidak khawatir jika hendak disuntik vaksin.

"Sama seperti Pak Jokowi yang pertama divaksinasi untuk meyakinkan masyarakat, nah pemilik wisata juga jadi yang pertama divaksinasi biar pegawainya itu yakin kalau vaksinnya aman dan halal," paparnya.

4. Sisa yang belum bakal divaksin pada 22 Maret nanti

Jadi Sumber PAD, Pemda KBB Siapkan 1.500 Vaksin untuk Sektor WisataUnsplash.com/Hush Naidoo

Sementara vaksinasi tahap selanjutnya dengan sasaran para pegawai atau karyawan wisata bakal dilakukan pada 22 dan 24 Maret di dua lokasi objek wisata.

"Nanti ada 1.458 orang pegawai wisata yang bakal divaksinasi, salah satu lokasinya itu di objek wisata Kampung Daun. Pelaksanaannya hanya dua hari, tapi untuk teknisnya itu bagaimana petugas di lapangan," pungkasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya