Comscore Tracker

Imbauan Tak Lagi Berlaku, Wisatawan Lembang Kembali Tumplek di Lembang

Kemarin sepi lantaran ada imbauan pemerintah

Bandung Barat, IDN Times - Arus lalu lintas di jalur wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali padat. Wisatawan dari dalam maupun luar daerah kembali ramai mengunjungi obyek wisata di kawasan wisata Lembang.

Dari pantauan di lapangan, ekor antrean kendaraan dari arah Bandung menuju Lembang berada pada batas Kota Bandung. Sementara titik kemacetan berada di pintu gerbang obyek wisata Farmhouse dan The Great Asia Africa.

1. Peningkatan kendaraan 20 persen lebih tinggi dibanding hari kemarin

Imbauan Tak Lagi Berlaku, Wisatawan Lembang Kembali Tumplek di LembangPintu masuk Farmhouse. (IDN Times/Bagus F)

KBO Lantas Polres Cimahi, Iptu Erin Heriduansyah mengatakan, kendaraan yang padati jalur wisata ini masih seimbang antara kendaraan lokal maupun kendaraan luar daerah. Peningkatan arus lalu lintas diperkirakan 20 persen lebih tinggi dibanding hari kemarin.

"Kendaraan yang mengarah ke Lembang pada tanggal 1 Januari 2021 ini terpantau cukup lumayan ada peningkatan 20 persen dibanding hari kemarin," ungkap Erin saat ditemui di Lembang, Jumat (1/1/2021).

2. Surat imbauan hanya berlaku kemarin

Imbauan Tak Lagi Berlaku, Wisatawan Lembang Kembali Tumplek di LembangPetugas kepolisian mengatur arus lalu lintas di kawasan wisata Lembang. (IDN Times/Bagus F)

Peningkatan arus lalu lintas pada libur tahun baru 2021 mulai terjadi di hari pertama tahun 2021. Menurutnya, pada akhir tahun 2020 hingga pergantian tahun, arus kendaraan cenderung sepi.

"Hari ini lebih padat karena surat imbauan pemerintah hanya berlaku hari kemarin. Wisatawan saat ini mulai kembali padati Lembang," sebutnya.

3. Puncak kemacetan diprediksi terjadi pada Sabtu dan Minggu

Imbauan Tak Lagi Berlaku, Wisatawan Lembang Kembali Tumplek di Lembang(Anggota kepolisian mengalihkan jalur menuju kawasan wisata Lembang di Jalan Setiabudi, Bandung, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020). Pada cuti bersama serta libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW hari kedua, jalur wisata menuju Lembang dipadati kendaraan wisatawan, dan kepolisian memberlakukan pengalihan arus untuk mengurai kemacetan) ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Menurutnya, puncak arus kendaraan dipresiksi terjadi pada hari Sabtu dan Minggu, 2 dan 3 Januari 2021. Sejumlah petugas juga sudah disiapkan di titik kemacetan sampai tanggal 4 Januari mendatang. Titik macet sendiri terjadi di Farmhouse, Floating Market, dan pertigaan Beatrix.

"Puncak wisatawan diprediksi Sabtu dan Minggu. Itu akan kami antisipasi karena biasanya kepadatan terjadi di wilayah Lembang sampai utara. Apalagi sekarang masih masuk dalam libur tahun baru," ucapnya.

4. Polisi siapkan langkah antisipasi

Imbauan Tak Lagi Berlaku, Wisatawan Lembang Kembali Tumplek di LembangWisatawan plat B dominasi kunjungan di kawasan wisata Lembang, Bandung Barat. (IDN Times/Bagus F)

Erin menyampaikan, polisi sudah menyiapkan langkah antisipasi puncak arus lalu lintas. Jika terjadi kemacetan panjang, rekayasa lalu lintas pun akan dilakukan.

"Ada beberapa CB (cara bertindak) yang akan dilakukan jika puncak arus kendaraan terjadi. Jika arah ke Bandung penuh, kita akan arahkan ke Jalan Kolonel Masturi. Begitu juga jika arah ke Lembang penuh kita arahkan ke Jalan Sersan Bajuri," pungkasnya.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya