Hujan Deras, Longsor Timbun Rumah dan Putus Jalan di KBB

Beruntung tidak ada korban jiwa

Bandung Barat, IDN Times - Dua peristiwa longsor terjadi di dataran tinggi Desa Karangsari, Kecamatan Cipongkor Kabupaten Bandung Barat (KBB) usai diterjang hujan deras pada Selasa (27/10/2020) sore.

Peristiwa longsor itu terjadi di Kampung Cikadu, Desa Karangsari dengan dampak satu rumah warga jebol. Longsor juga memutus akses jalan di desa tersebut. Akibatnya, warga terpaksa harus mencari jalur lain untuk melintas.

1. Dapur rumah warga jebol

Hujan Deras, Longsor Timbun Rumah dan Putus Jalan di KBBSebuah rumah dihantam material longsor di Cipongkor, Bandung Barat. (Istimewa)

Korwil Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Kecamatan Cipongkor-Sindangkerta, Oteng Saputra mengatakan, longsor pertama menimpa sebuah rumah milik warga yang mengakibatkan dua bangunan rumah milik warga rusak di bagian dapur.

"Tanah longsor menimpa bagian dapur rumah Maman (tiga jiwa) dan Agus (tiga jiwa). Akibatnya dinding rumah jebol dan tanah masuk merusak sebagian perabotan dapur," kata Oteng, Selasa (27/10/2020).

2. Akses jalan tertutup material longsor

Hujan Deras, Longsor Timbun Rumah dan Putus Jalan di KBBJalan penghubung dua kampung tertutup longsor di Kecamatan Cipongkor, Bandung Barat. (Istimewa)

Hujan deras yang mengguyur wilayah itu sejak siang hari juga mengakibatkan tebing di tepi jalan mengalami longsor. Material longsor yang didominasi oleh tanah itu menutup akses jalan Cimarel-Gunung Karang. Lalu lintas di jalur tersebut pun terpaksa harus terhambat.

"Panjang longsoran sekitar 30 meter dan lebar longsoran 30 meter. Jadi jalan desa itu sampai kini belum bisa dilewati mobil," sebut Oteng.

3. Sebuah rumah di sekitar titik longsor alami kebakaran

Hujan Deras, Longsor Timbun Rumah dan Putus Jalan di KBBIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain longsor, sebuah rumah di Kampung Pasir Muncang, Desa Cintaasih, Kecamatan Cipongkor habis dilalap si jago merah. Kebakaran rumah itu diduga diakibatkan arus pendek atau korsleting listrik usai hujan deras. Beruntung tidak ada korban jiwa pada peristiwa itu.

"Kalau korban jiwa tidak ada karena pemilik rumah berhasil menyelamatkan diri. Sementara ini, pemilik rumah mengungsi ke rumah kerabatnya," kata Ketua Baguna Kecamatan Cipongkor, Aja.

4. Rumah beserta seluruh isinya hangus terbakar

Hujan Deras, Longsor Timbun Rumah dan Putus Jalan di KBBIlustrasi Kebakaran (IDN Times/Mardya Shakti)

Rumah yang hangus terbakar itu diketahui milik Ajid (68 tahun), warga setempat. Ajid berhasil selamat dari kobaran api yang membakar rumah tinggal miliknya. Api yang mengamuk tak kunjung bisa dijinakkan, sehingga seluruh isi rumah beserta barang berharga milik Ajid hangus dilalap api.

"Pa Ajid berhasil selamat tapi rumah sama barang-barang milik Pa Ajid habis terbakar," ujar dia.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya