Comscore Tracker

Hibah KONI KBB Cair, 21 Cabor Bersiap Jadi Tuan Rumah Porprov 2022

Tahun ini, KONI terima dana hibah sebesar Rp5 miliar

Bandung Barat, IDN Times - Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) gelontorkan hibah untuk Komite Nasional Indonesia (KONI) KBB sebesar Rp5 miliar. Hibah tersebut diharapkan bisa menjadi bekal untuk mempersiapkan diri menghadapi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat XIV pada tahun 2022 mendatang.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan mengatakan, anggaran hibah KONI ini diharapkan bisa mensupport kegiatan-kegiatan latihan menyambut Porprov 2022 mendatang.

"Hibah KONI sudah kita cairkan. Mudah-mudahan para cabor semangat berlatih menghadapi Porprov 2022 mendatang," kata Hengky, Selasa (6/7/2021).

1. Hengky targetkan KBB di lima besar

Hibah KONI KBB Cair, 21 Cabor Bersiap Jadi Tuan Rumah Porprov 2022Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan. (IDN Times/Bagus F)

Sebelumnya, Bandung Barat sendiri ditunjuk menjadi tuan rumah untuk 21 cabang olahraga pada gelaran Porprov Jabar 2022 mendatang. Oleh karenanya, persiapan menyambut pekan olahraga tersebut harus matang.

Hengky berharap, suntikan dana hibah KONI yang sudah dicairkan ini bisa menggodok para cabor dengan target masuk minimal di angka lima besar. "Tolong manfaatkan sebaik-baiknya, semoga bisa membawa KBB minimal berada di lima besar," ujar Hengky.

2. Belanja alat masih jadi PR

Hibah KONI KBB Cair, 21 Cabor Bersiap Jadi Tuan Rumah Porprov 2022Ilustrasi belanja online (IDN Times/Arief Rahmat)

Terpisah, Plt Ketua KONI KBB Lili Supriatna mengatakan, dana hibah sebesar Rp5 miliar ini terhitung masih kecil untuk pembiayaan 61 cabor. Namun, Lili optimis dengan dana hibah itu KONI akan memaksimalkan untuk mensupport persiapan menuju Porprov 2022 mendatang.

"Dengan anggaran yang ada kita akan maksimalkan prestasi di ajang Porprov Jabar ini. Termasuk target yang dicanangkan oleh Plt Bupati Bandung Barat (Hengky Kurniawan) di empat besar," kata Lili.

"Saat ini kita masih mengusulkan untuk pembelanjaan alat yang belum bisa tercover dari dana hibah KONI. Ini yang menjadi pemikiran kami dengan target empat besar," tambahnya.

3. 5 dari 21 cabor geser ke Kabupaten Bandung

Hibah KONI KBB Cair, 21 Cabor Bersiap Jadi Tuan Rumah Porprov 2022

Tahapan-tahapan menghadapi Porprov Jabar 2022 ini pun mulai KONI disiapkan. Sebanyak 21 cabor yang ditunjuk sebagai tuan rumah mulai berbenah. Lili menyebutkan, ada 5 dari 21 cabor yang harus menggeser lokasi atau venue ke wilayah Kabupaten Bandung.

5 Cabor yang pertandingannya di kabupaten penyangga yakni Kabupaten Bandung terdiri dari Cabor Hokcey Indoor, Jockey Indoor, Angkat Berat, Angkat Besi dan Golf. Sebanyak 16 Cabor lainnya, masih diselenggarakan di KBB.

"Walaupun 5 Cabor dilaksanakan pertandingannya di Kabupaten Bandung, tapi 21 Cabor dapat wildcard.  Jadi bisa lolos melaju, tanpa ikut BK (Babak Kualifikasi). Tinggal sisanya 40 Cabor lagi yang masih harus berjuang untuk lolos BK," ujar Lili.

4. Babak kualifikasi Porprov diundur karena PPKM Darurat

Hibah KONI KBB Cair, 21 Cabor Bersiap Jadi Tuan Rumah Porprov 2022Ilustrasi PPKM mikro (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Bagi KONI KBB sendiri di masa transisi kepengurusan, pihaknya sudah melakukan tahapan-tahapan menuju penyelenggaraan Porprov. Salah satunya tentang suplai data untuk BK dari Cabor.

Sementara untuk pelaksanaan BK, ia menyebutkan pelaksanaannya terpaksa diundur. Alasan pengunduran jadwal babak kualifikasi ini karena ada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Sambil menunggu PPKM selesai, KONI KBB saat ini tengah melakukan Verifikasi bagi atlet yang mendapat insentif khusus. " Hari ini kita verifikasi untuk atlet yang dapat insus dan prediksi membahas jumlah atlet yang memperkuat 2022," tandasnya.

Baca Juga: Mundur dari Ketum KONI, Anak Aa Umbara Wariskan Kasus Dugaan Korupsi

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya