Hattrick WTP, Menteri Keuangan Beri Piagam untuk Pemkot Bandung

Piagam diberikan atas raihan WTP tiga kali berturut-turut

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung kembali mendapat penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk ketiga kalinya secara berturut-turut. Atas capaian itu, Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani Indrawati memberi penghargaan berupa piagam.

Piagam itu diberikan saat ia mengunjungi perwakilan Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPB) Provinsi Jawa Barat bersama Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Bandung II di Ruang Tengah Balai Kota Bandung, Senin 27 Desember 2021.

1. WTP diraih atas pengelolaan keuangan yang transparan

Hattrick WTP, Menteri Keuangan Beri Piagam untuk Pemkot BandungHumas Kota Bandung

Plt Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, Pemkot Bandung kembali meraih opini WTP dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2020 pada Mei lalu.

Raihan WTP tersebut tak lepas dari pengelolaan keuangan yang baik. Dengan demikian, Yana berharap Pemkot Bandung bisa konsisten mengelola keuangan yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel.

"Dan kami juga terus berharap mudah-mudahan kita saling mengingatkan agar pengelolaan ini bisa semaksimal mungkin untuk kita kembalikan kepada kesejahteraan masyarakat," ujar Yana.

"Tentunya juga, teman-teman selama ini berupaya maksimal, meski ada yang belum optimal. Insya Allah kita semua punya keinganan yang sama untuk bisa maksimal. Tidak ada faktor kesengajaan atau apa pun dari kita untuk tidak optimal dalam memberikan Pelayanan kesejahteraan kepada masyarakat," imbuhnya.

2. WTP diraih tiga kali berturut-turut

Hattrick WTP, Menteri Keuangan Beri Piagam untuk Pemkot BandungHumas Kota Bandung

Sementara itu, Kepala KPPN Bandung II, Herkwin menyampaikan, tujuan kunjungan ke Pemkot Bandung ini merupakan upaya koordinasi pelaksanaan kegiatan dan tugas, terutama dalam mengawal keuangan baik APBN mau pun APBD.

"Kota Bandung sudah tiga tahun melaporkan keuangannya memperoleh predikat WTP. Ini merupakan suatu kebanggaan," tuturnya.

3. Keuangan yang baik bisa dorong kesejahteraan rakyat

Hattrick WTP, Menteri Keuangan Beri Piagam untuk Pemkot BandungHumas Kota Bandung

Saat ini sebagian besar Pemerintah Daerah telah memperoleh WTP, termasuk Kota Bandung. Hal ini menunjukkan bahwa pengelolaan keuangan ke depannya akan semakin bagus dan tertib sesuai dengan peraturan perundangan yang ada.

Dengan pengelolaan keuangan yang baik, diharapkan bisa mendorong peningkatan penghasilan asli daerah (PAD). Dengan demikian, perputaran ekonomi di wilayah Kota Bandung bisa berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat Kota Bandung.

"Dengan optimalisasi realisasi anggaran dan kegiatan lain, kemudian juga kita harapkan bisa mendorong peningkatan PAD. Pendapatan akan kembali lagi ke daerah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Bandung," katanya.

Baca Juga: 5 Tahun Berturut-turut, Kemnaker Sukses Pertahankan Opini WTP dari BPK

Baca Juga: Sri Mulyani Akui Pemerintah Perlu Perbaikan meski Lapkeu WTP 5 Kali

Baca Juga: DKI Dapat WTP 4 Kali Berturut-turut, Anies Berharap Jadi Tradisi

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya