Hari Pertama Long Weekend, Wisatawan Tumplek di Lembang

Kendaraan plat B dominasi jalanan di kawasan Lembang

Bandung Barat, IDN Times - Arus lalu lintas di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mulai menunjukkan kepadatan pada hari pertama long weekend. Kendaraan yang didominasi plat B itu mengular di sepanjang jalur arah Lembang.

Satu per satu kendaraan wisatawan baik dalam maupun luar daerah memasuki pelataran parkir objek wisata. Antrean panjang nampak di pintu masuk The Great Asia Africa, objek wisata yang terkenal dengan spot foto yang kece dengan icon dan ornamen berbagai negara.

Dengan pengawasan ketat, petugas memeriksa protokol kesehatan seperti pengukuran suhu, penggunaan masker, dan mengatur jarak antrean kepada setiap pengunjung. Jika pengunjung lolos diperiksa, maka petugas membolehkan masuk ke area objek wisata.

1. Hari pertama sudah ramai

Hari Pertama Long Weekend, Wisatawan Tumplek di LembangKepadatan arus lalu lintas di jalur wisata Lembang. (IDN Times/Bagus F)

Kasatlantas Polres Cimahi, AKP Susanti Samaniah mengatakan, semakin siang kendaraan yang masuk ke objek wisata Lembang semakin menunjukkan kepadatan. Wisatawan luar daerah terpantau mendominasi kunjungan.

"Situasi arus lalulintas di kawasan wisata Lembang pada hari pertama libur panjang ini terpantau ramai lancar. Wisatawan mulai berdatangan juga ke objek wisata," ungkap Santi di Lembang, Rabu (28/10/2020).

Baca Juga: Wisatawan Diimbau Tes Rapid Sebelum Liburan ke Wilayah Jabar

2. Buka tutup jalur diberlakukan jika volume kendaraan padat

Hari Pertama Long Weekend, Wisatawan Tumplek di LembangMacet di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat. (IDN Times/Bagus F)

Jika arus lalu lintas mulai padat, polisi bakal berlakukan buka tutup jalur di jalur tersebut. Pemberlakuan cara bertindak (CB) one way itu akan dilakukan jika buntut antrean kendaraan sudah sampai batas Kota Bandung atau pun RSUD Lembang.

"CB hari ini apabila ada antrean kendaraan di batas Kota Bandung maupun RSUD Lembang akan melakukan penarikan, tapi penerapannya akan kita sesuaikan dengan kondisi di lapangan. Untuk pengalihan arus tidak akan dilakukan ke semua jalan alternatif karena ada beberapa ruas jalan yang sedang perbaikan," sebut Santi.

3. Puncak wisata diprediksi hari Jumat

Hari Pertama Long Weekend, Wisatawan Tumplek di LembangMacet di kawasan wisata Lembang, Kabupaten Bandung Barat. (IDN Times/Bagus F)

Puncak wisatawan diprediksi bakal terjadi pada hari Jumat 30 Oktober mendatang. Untuk menghadapi itu, polisi siagakan sebanyak 80 personel untuk mengatur arus lalu lintas. Pada hari pertama ini, menurutnya masih dalam tahap kedatangan wisatawan.

"Puncak kunjungan wisatawan diprediksi baru terjadi pada hari Jumat nanti, karena mereka biasanya menginap sampai Minggu. Tapi hari ini juga dari luar kota sudah mulai banyak yang datang," tuturnya.

4. Bus dan truk dilarang melintas jalur alternatif

Hari Pertama Long Weekend, Wisatawan Tumplek di LembangKepadatan arus lalu lintas di jalur wisata Lembang. (IDN Times/Bagus F)

Polisi meminta agar pengendara dengan kendaraan berukuran besar menghindari jalur berbahaya dengan potensi longsor cukup tinggi. Untuk meminimalisir potensi kecelakaan mengingat sejumlah jalur alternatif seperti Jalan Kolonel Masturi maupun Jalan Punclut memiliki kontur jalan yang menanjak dan berkelok ditambah lebar jalan yang kecil.

"Untuk bus dan truk tidak boleh lewat jalur alternatif. Misalnya dari Cimahi ke Lembang lewat Jalan Kolonel Masturi sampai simpang Beatrix itu tidak boleh, karena jalannya sempit dan menanjak lalu menurun curam, berpotensi mengalami kecelakaan," pungkasnya.

Baca Juga: 10 Destinasi Alam yang Wajib Dikunjungi Selama Liburan di Bandung

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya