Digeledah Lagi, KPK Datangi Tiga Kantor Dinas di Bandung Barat

Dinas mana yang bakal digeledah selanjutnya?

Bandung Barat, IDN Times - Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan penggeledahan di komplek perkantoran Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Kamis 18 Maret 2021.

Kali ini, tim penyidik menyatroni tiga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang diduga berkaitan dengan kasus korupsi yang menyeret nama Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna. Tiga SKPD yang digeledah hari ini yakni Dinas Sosial (Dinsos), Dinas Pendidikan (Disdik) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) KBB.

1. Masih berkaitan dengan kasus yang menyeret nama Bupati KBB

Digeledah Lagi, KPK Datangi Tiga Kantor Dinas di Bandung BaratBupati Bandung Barat, Aa Umbara. (IDN Times/Bagus F)

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, penggeledahan yang dilakukan di sejumlah SKPD di lingkungan Pemkab Bandung Barat masih berkaitan dengan kasus dugaan korupsi pengadaan barang tanggap darurat bencana Pandemi COVID-19 pada Dinas Sosial KBB tahun 2020.

"Iya (masih berkaitan)," kata Ali Fikri saat di konfirmasi, Kamis (18/3/2021).

2. Tim penyidik berbekal koper

Digeledah Lagi, KPK Datangi Tiga Kantor Dinas di Bandung BaratTim penyidik masuk ke kantor Dinas Pendidikan KBB. (IDN Times/Bagus f)

Tim penyidik KPK datang ke Gedung A di Perkantoran Pemerintahan Daerah Kabupaten Bandung Barat sekitar pukul 09.30 WIB. Mereka dikawal oleh sejumlah petugas dari kepolisian untuk berjaga di pintu-pintu masuk dan keluar kantor dinas.

Tim penyidik yang mengenakan rompi bertuliskan KPK membekali diri dengan sejumlah koper sebelum masuk gedung. Koper itu sepertinya dipakai untuk mengantongi berkas yang bisa menjadi barang bukti kasus tindak pidana korupsi.

3. Kemarin KPK sudah geledah Dinas PUPR

Digeledah Lagi, KPK Datangi Tiga Kantor Dinas di Bandung BaratTim penyidik KPK geledah kantor Dinas PUPR KBB. (IDN Times/Bagus F)

Hari ini merupakan hari ketiga penggeledahan yang dilakukan KPK di wilayah Kabupaten Bandung Barat. Pada hari Selasa 16 Maret kemarin, tim penyidik melakukan penggeledahan di rumah Bupati Aa Umbara Sutisna, rumah anaknya Andri Wibawa, tempat pemotongan ayam milik pengusaha Totoh Gunawan dan di kantor Bupati Bandung Barat.

Sementara hari kedua, tim penyidik melanjutkan penggeledahan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) KBB. Selain itu, tim penyidik KPK juga menyatroni CV Sentral Sayuran Garden City di Lembang.

4. KPK sudah kantongi berkas dari hasil geledah

Digeledah Lagi, KPK Datangi Tiga Kantor Dinas di Bandung BaratTim penyidik KPK geledah kantor Dinas PUPR KBB. (IDN Timesl/Bagus F)

Dari penggeledahan dua hari kemarin, tim penyidik berhasil mengantongi sejumlah berkas yang diduga menjadi bahan untuk divalidasi sebagai barang bukti tindak pidana korupsi. Selain berkas, tim penyidik juga mengantongi barang elektronik.

"Ditemukan dan diamankan bukti diantaranya berbagai dokumen dan barang bukti elekronik," ujar Ali.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya