Cari Bukti Korupsi di KBB, KPK Geledah Kantor Badan Keuangan Daerah

Barang elektronik kembali disita dari dua rumah kemarin

Bandung Barat, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) belum juga berhenti melakukan penggeledahan di wilayah Kabupaten Bandung Barat (KBB). KPK masih melakukan penyidikan terkait kasus yang sama seperti sebelumnya, yakni kasus terkait pengadaan barang tanggap darurat bencana Pandemi COVID-19  pada Dinas Sosial Pemda Kabupaten Bandung Barat Tahun 2020.

Dokumen demi dokumen hingga barang-barang hasil penggeledahan baik dari rumah pihak terkait maupun kantor dinas disita oleh KPK. Barang ataupun berkas hasil penggeledahan itu akan dianalisa untuk dijadikan barang bukti kasus tindak pidana korupsi.

1. Dua rumah di Lembang dan Kota Bandung digeledah kemarin

Cari Bukti Korupsi di KBB, KPK Geledah Kantor Badan Keuangan DaerahTim penyidik KPK geledah kantor Bupati KBB. (IDN Times/Bagus F)

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan, tim penyidik KPK menyatroni kediaman pihak yang berkaitan dengan tindak pidana korupsi yang menyeret nama Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna. Terhitung, tim penyidik KPK sudah satu pekan maraton melakukan penggeledahan tanpa henti ke rumah-rumah maupun kantor dinas di wilayah Bandung Barat dan sekitarnya.

"Senin (kemarin), tim Penyidik KPK telah melakukan penggeledahan pada dua lokasi berbeda di Lembang Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat dan Kota Bandung, Jawa Barat," ujar Ali saat dihubungi, Selasa (23/3/2021).

2. KPK kembali sita barang elektronik

Cari Bukti Korupsi di KBB, KPK Geledah Kantor Badan Keuangan DaerahKPK periksa kantor Dinas PUPR KBB. (IDN Times/Bagus F)

Dua lokasi yang digeledah oleh tim penyidik merupakan rumah milik dua orang yang terkait dalam lingkaran kasus tindak pidana korupsi bantuan sosial COVID-19 tahun 2020 lalu. Dari kedua rumah itu, tim penyidik membawa sejumlah barang elektronik untuk dianalisa.

"Dua lokasi tersebut adalah rumah kediaman dari pihak yang terkait dengan perkara ini dimana ditemukan bukti diantaranya barang elekronik yang diduga terkait dengan perkara," sebut Ali.

3. Barang bukti akan dianalisa terlebih dahulu

Cari Bukti Korupsi di KBB, KPK Geledah Kantor Badan Keuangan DaerahPlt Jubir Bidang Penindakan KPK, Ali Fikri (Dok. Humas KPK)

Ali berharap, masyarakat tidak terburu-buru mengambil kesimpulan sendiri. Pada waktunya, KPK bakal mengumumkan secara resmi apa dan bagaimana hasil penyidikan setelah menganalisa bukti-bukti yang didapat. Ali meminta, masyarakat tetap mengedepankan azas praduga tak bersalah kepada Bupati Aa Umbara maupun nama-nama yang terseret sebelum ada rilis resmi.

"Selanjutnya bukti ini akan di analisa dan diajukan penyitaan guna melengkapi berkas perkara penyidikan dimaksud," kata Ali.

4. Hari ini giliran Badan Keuangan Bandung Barat

Cari Bukti Korupsi di KBB, KPK Geledah Kantor Badan Keuangan DaerahTim penyidik KPK geledah kantor Bupati Bandung Barat. (IDN Times/Bagus F)

Terbaru, tim penyidik KPK kembali menyatroni kantor Badan Keuangan Daerah (BKD) KBB. Rombongan dari tim penyidik terpantau memasuki Gedung C di komplek perkantoran Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat pada Selasa 23 Maret sekitar pukul 09.15 WIB pagi.

Dengan pengawalan ketat oleh kepolisian dan Satpol PP, tim penyidik langsung memasuki kantor dinas dengan berbekal koper. Hingga pukul 14.00 WIB, tim penyidik KPK masih berada di dalam gedung tersebut.

Baca Juga: Geledah Kantor Bupati Aa Umbara, KPK Periksa Gaji dan Arus Keuangan

Baca Juga: Dugaan Korupsi Bansos di KBB, KPK Kantongi Barang Elektronik

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya