Bupati Bandung Barat Aa Umbara Larang Warga Berlibur Akhir Pekan

Ikuti Gubernur, KBB terapkan 'akhir pekan di rumah saja'

Bandung Barat, IDN Times - Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna melarang warganya untuk berlibur di akhir pekan atau pada tanggal 6 dan 7 Februari 2021 ini. Kebijakan itu mengikuti aturan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil agar masyarakat menghabiskan akhir pekan di rumah saja.

Seperti diketahui, Ridwan Kamil menyatakan Provinsi Jawa Barat akan menerapkan kebijakan akhir pekan di rumah saja. Kebijakan itu dimaksudkan untuk menekan mobilitas warga sekaligus mengendalikan kasus COVID-19.

1. Masyarakat diminta di rumah saja

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Larang Warga Berlibur Akhir PekanBupati Bandung Barat, Aa Umbara. (IDN Times/Bagus F)

Aa Umbara mengatakan, Kabupaten Bandung Barat merupakan 1 dari 27 daerah di Jawa Barat yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahap dua sampai tanggal 8 Februari nanti. Umbara bersepakat dengan Ridwan Kamil untuk menerapkan kebijakan weekend di rumah saja.

"Kalau Pak Gubernur bicara seperti itu (akhir pekan di rumah saja) ya kita akan ikuti pelaksanaannya. Masyarakat di rumah saja," kata Umbara saat dihubungi, Jumat (5/2/2021).

2. Diimbau nonton teve di rumah saja

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Larang Warga Berlibur Akhir PekanInibaru.id

Hingga saat ini, kasus COVID-19 di Bandung Barat belum juga surut. Sebagai upaya menekan jumlah kasus, Umbara meminta warga senantiasa agar weekend ini menahan diri untuk berlibur.

"Iya di rumah saja, kan berlibur bisa berkegiatan di rumah. Bisa nonton teve, apalagi kalau di kampung kan bisa menyegarkan diri dengan merawat pepohonan kan gitu," ujar Umbara.

3. Libur Imlek tidak dihapus

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Larang Warga Berlibur Akhir Pekan(ANTARA FOTO/REUTERS/Aly Song)

Bukan hanya akhir pekan ini, Umbara juga meminta agar warga tidak memanfaatkan libur panjang pekan depan dengan beraktivitas di luar rumah. Meski demikian, Umbara memastikan bahwa pemerintah tidak akan menghapuskan libur Imlek pekan depan.

"Gak dihapus juga. Tapi untuk libur Imlek sama saja. Intinya kalau libur akhir pekan atau libur apapun lebih baik di rumah saja untuk menghindari COVID-19," papar Umbara.

4. Lembang jadi magnet wisatwan

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Larang Warga Berlibur Akhir PekanBerbagai Sumber

Seperti diketahui, Kabupaten Bandung Barat menjadi magnet wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Hampir setiap weekend maupun long weekend, kawasan wisata Lembang selalu dipenuhi wisatawan.

Namun, semenjak pandemi COVID-19 kunjungan wisata tercatat mengalami penurunan. Di samping itu, kebijakan pemerintah dalam menangani pandemik dinilai sangat memengaruhi jumlah kunjungan wisata.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya