Bupati Aa Umbara Sembuh dari COVID-19, Istri dan Anaknya Masih Positif

Meski sudah sembuh, Aa Umbara harus istirahat dulu

Bandung Barat, IDN Times - Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna dilaporkan sembuh dari COVID-19. Aa Umbara sudah negatif COVID-19 berdasar hasil tes polymerase chain reaction (PCR) kemarin.

Sebelumnya, Aa Umbara dinyatakan positif COVID-19 beberapa waktu lalu. Awalnya, Umbara dinyatakan reaktif COVID-19 hasil rapid test antigen pada 7 Januari 2021, dan positif hasil tes PCR pada 9 Januari 2021 lalu.

1. Butuh waktu untuk pemulihan

Bupati Aa Umbara Sembuh dari COVID-19, Istri dan Anaknya Masih PositifSekertaris Daerah Bandung Barat Asep Sodikin. (IDN Times/Bagus F)

Sekretaris Daerah Bandung Barat, Asep Sodikin mengatakan, kondisi kesehatan Aa Umbara saat ini sudah membaik. Hasil tes PCR terakhir menunjukkan negatif COVID-19.

"Dari hasil PCR kemarin, Pak Bupati sehat hasilnya negatif COVID-19. Namun membutuhkan beberapa hari untuk pemulihan," ungkap Asep Sodikin di Pemda KBB, Jumat (22/1/2021).

2. Aktivitas Bupati baru bisa virtual

Bupati Aa Umbara Sembuh dari COVID-19, Istri dan Anaknya Masih PositifIDN Times/Bagus F

Asep menyampaikan, meski sudah dinyatakan negatif COVID-19, Umbara tidak bisa langsung beraktivitas seperti biasa. Kesehatannya harus dipastikan sampai benar-benar pulih terlebih dahulu. Umbara hanya boleh melakukan aktivitas secara online.

"Ada beberapa agenda yang kita rencanakan yang bisa dilakukan secara virtual. Seperti untuk pengukuhan pejabat tinggi pratama. Rotasi mutasi juga secara virtual," papar Asep.

3. 70 orang dikatakan berkontak erat negatif COVID-19

Bupati Aa Umbara Sembuh dari COVID-19, Istri dan Anaknya Masih PositifBupati Bandung Barat, Aa Umbara. (IDN Times/Bagus F)

Kepala Dinas Kesehatan Bandung Barat Hernawan Widjajanto mengatakan, saat ini Umbara masih menjalankan isolasi di kediamannya. Dinkes juga sudah melakukan tracing kepada 70 kontak erat. Namun demikian, Dinkes tidak bisa memastikan dari mana Umbara terpapar.

"Kita sudah melakukan tracking kepada 70 kontak erat pak bupati. Hasilnya negatif semua. Masalah terpapar di mana, kita tidak bisa memastikan aktivitas beliau juga," ujar Hernawan.

4. Istri dan anak Aa Umbara masih positif

Bupati Aa Umbara Sembuh dari COVID-19, Istri dan Anaknya Masih PositifAnggota Komisi X Rian Firmansyah bersama Bupati Bandung Barat Aa Umbara. (Instagram @rianfirmansyah.official)

Sementara itu, istri Aa Umbara, Yuyun Yuningsih dan anaknya Rian Firmansyah masih dinyatakan positif COVID-19 dari hasil tes PCR. Keduanya dirawat terpisah: Yuyun di kediamannya, sementara Rian dirawat di ruang isolasi RSUD Lembang.

Direktur utama RSUD Lembang Eisen Hower mengatakan, kondisi kesehatan keduanya sudah membaik. Rian sebelumya sempat mengeluhkan sesak nafas sehingga harus menjalankan perawatan medis di rumah sakit.

"Keadaan ibu Alhamdulillah progres-ya juga sudah membaik, namun PCR-nya masih positif. Untuk kang Rian sekarang karena ada keluhan kemarin sesak nafas dirawat di RSUD Lembang, sekarang kondisinya juga membaik," terangnya.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya