Bocah Hilang Ditelan Longsor KBB, Personel Lakukan Susur Sungai

Dua bocah berhasil selamat dari maut

Bandung Barat, IDN Times - Tiga orang bocah menjadi korban atas peristiwa longsor di Kampung Cilengkong, Desa Sukaresmi, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (14/4/2022) malam. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyatakan, satu dari tiga bocah korban longsor tersebut hilang terbawa material longsor, sementara dua korban lainnya selamat dari maut. 

Tiga korban yang terseret longsor itu yakni Muhammad Hilman (10 tahun), Ikmal Faiz (10) dan Evan Mustopa (8). Beruntung, Hilman dan Ikmal berhasil selamat karena tersangkut pepohonan, namun Evan dinyatakan terbawa material longsor saat kejadian.

1. Pencarian hari pertama tak membuahkan hasil

Bocah Hilang Ditelan Longsor KBB, Personel Lakukan Susur SungaiKepala BPBD KBB, Duddy Prabowo. (IDN Times/Bagus F)

Kepala Pelaksana BPBD KBB, Duddy Prabowo mengatakan, pihaknya sudah menurunkan personel untuk melakukan pencarian korban pada Jumat (15/4/2022) kemarin.

"Pencarian hari pertama fokus di lokasi TKP kejadian bocah tersebut hilang. Namun, belum membuahkan hasil. Kita lanjutkan pencarian hari ini," ujar Duddy saat ditemui, Sabtu (16/4/2022).

2. Skema pencarian hari kedua menyusuri sungai

Bocah Hilang Ditelan Longsor KBB, Personel Lakukan Susur SungaiIDN Times/Bagus F

BPBD sudah menyiapkan skema dalam melakukan proses pencarian di hari kedua. Di hari kedua ini, personel bakal melakukan pencarian di sepanjang sungai Cilengkong.

BPBD memprediksi korban berada di sepanjang aliran sungai, yang mana terdapat longsoran-longsoran kecil yang menimbun sebagian badan sungai.

"Pencarian hari kedua ini kita dibantu oleh Basarnas. Jika kemarin kita fokus di titik terjatuhnya korban, hari ini kita bergeser fokus dengan cara menyusui sungai," kata Duddy.

3. Terseret longsor sepulang mengaji

Bocah Hilang Ditelan Longsor KBB, Personel Lakukan Susur SungaiIDN Times/Bagus F

Terseretnya Evan Mustopa bermula saat tiga bocah itu hendak pulang ke rumah usai mengaji. Malam itu hujan di Kampung Cilengkong turun tak begitu deras. Hilman, Ikmal dan Evan berjalan di jalan setapak menuju rumah mereka.

"Sekitar pukul 20.00 korban bersama dua rekannya pulang mengaji di rumah tetangga yang tidak terlalu jauh dari rumah mereka. Di tengah perjalanan menuju pulang tiba-tiba tanah longsor. Korban dan dua rekannya terbawa longsoran," kata Duddy.

"Melihat tiga bocah ini butuh pertolongan, saksi atas nama Iwan berusaha untuk menolong. Dari tiga orang ini, dua berhasil diselamatkan. Namun nahas bocah atas nama Evan belum diketemukan sampai sekarang," katanya.

Baca Juga: Longsor Terjang Bandung Barat, 300 Warga di Pelosok Rongga Terisolasi

Baca Juga: Banten Siagakan Alat Berat di Jalan Rawan Longsor Selama Lebaran

Baca Juga: Longsor Timbun Penambang Batu di KBB, Evakuasi Masih Berlangsung

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya