Bocah 7 Tahun di Bandung Barat Hilang di Lubang Tambang

Tim SAR lakukan pencarian di kubangan air bekas galian pasir

Bandung Barat, IDN Times - Seorang bocah bernama Kalandra Sejza (7 tahun) diduga tenggelam di sebuah kubangan air bekas galian C. Kubangan tersebut berada di belakang perumahan Bentang Residence Village, Desa Jayamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Dugaan itu berangkat dari ditemukannya jejak kaki seorang bocah dan sendal yang diduga digunakan oleh korban. Tanda-tanda itu ditemukan di sekitaran area pertambangan pasir.

1. Bocah tersebut diduga tenggelam di lubang tambang

Bocah 7 Tahun di Bandung Barat Hilang di Lubang TambangIDN Times/Bagus F

Jejak kaki itu mengarah ke sebuah kubangan air bekas galian pasir. Jejak kaki tersebut hilang di bibir lubang tambang pasir. Dari bukti-bukti itu, bocah tersebut diduga tercebur ke kubangan bekas galian C.

"Saat ini BPBD bersama tim SAR dibantu masyarakat tengah melakukan pencarian korban yang diduga tenggelam di kubangan bekas galian pasir," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) KBB Duddy Prabowo, Senin (14/3/2022).

2. Kabur dari rumah Minggu dini hari

Bocah 7 Tahun di Bandung Barat Hilang di Lubang TambangIDN Times/Bagus F

Duddy mengatakan, sebelumnya BPBD menerima laporan kehilangan anak dari warga setempat. Anak tersebut kabur dari rumahnya pada Minggu (13/3/2022) kemarin. Bocah tersebut diketahui keluar dari rumah sekitar pukul 04.00 dini hari.

"Anak tersebut merupakan anak berkebutuhan khusus. Semoga bisa lekas ditemukan," kata Duddy.

3. Tim penyelam diterjunkan

Bocah 7 Tahun di Bandung Barat Hilang di Lubang TambangIDN Times/Bagus F

Pencarian korban ini dilanjut menyisir ke setiap sudut kubangan. Kantor SAR Bandung menerjunkan tim penyelam untuk menyisir bagian dasar. Hingga saat ini, tim gabungan belum menemukan tanda-tanda korban di area kubangan air bekas galian pasir itu.

"Kita dari pagi sudah melakukan penyelaman, kita juga menggunakan sensor bawah air namun sampai siang ini masih belum membuahkan hasil," kata Rescuer Trampil Kantor SAR Bandung, Ikhwan.

Rencananya, air di dalam kubangan bakal disedot menggunakan alat bantu mesin. Hal itu dilakukan untuk memudahkan proses pencarian.

4. Pencarian belum membuahkan hasil

Bocah 7 Tahun di Bandung Barat Hilang di Lubang TambangIDN Times/Bagus F

Ikhwan menyampaikan, hambatan dalam proses pencarian ini adalah keruhnya air dalam kubangan bekas galian pasir. Sementara kedalaman air di kubangan tersebut diperkirakan sampai 6 meter.

"Kedalamannya diperkirakan dari 2 meter sampai 6 meter. Ditambah keruhnya air menghambat pandangan di bawah air," ujar Ikhwan.

Pencarian sempat terhenti karena hujan deras menerjang pada siang ini. Pencarian bakal dilanjutkan kembali menunggu cuaca kembali mendukung.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya