Comscore Tracker

Bangkitkan Sektor Wisata, Sandiaga Uno Buka 20 Objek Wisata di Jawa

Kawasan Lembang baru The Lodge Maribaya yang dibuka

Bandung Barat, IDN Times - Sektor wisata menjadi salah sektor yang terpukul mundur akibat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dalam beberapa bulan terakhir. Pemerintah meminta sektor wisata tidak dulu membuka kunjungan selama PPKM diterapkan.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sedikit memberi ruang nafas bagi sektor wisata. Sedikitnya, sebanyak 20 objek wisata diujicoba untuk buka di tengah perpanjangan PPKM.

Dari 20 wisata tersebut, salah satu objek wisata di kawasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), The Lodge Maribaya diizinkan membuka kunjungan. The Lodge Maribaya diizinkan buka untuk diujicobakan.

1. 20 objek wisata dibuka untuk diujicoba

Bangkitkan Sektor Wisata, Sandiaga Uno Buka 20 Objek Wisata di JawaMenparekraf Sandiaga Uno. (IDN Times/Bagus F)

Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, 20 objek wisata yang ditunjuk untuk diujicobakan ini merupakan objek wisata yang dinyatakan lolos verifikasi penerapan protokol kesehatan. The Lodge Maribaya dinilai menjadi objek wisata dengan penerapan protokol kesehatan yang baik.

"Terpilihlah 20 destinasi. Di jakarta ada dua, di Jawa Barat karena lokasinya luas dimulai dengan beberapa lokasi dan akan terus dievaluasi. Nantinya akan terintegrasi ke aplikasi peduli lindungi dan sertifikasi CHSE," kata Sandi di Dusun Bambu, Jumat (10/9/2021).

2. Ujicoba tetap melihat tren kasus COVID-19

Bangkitkan Sektor Wisata, Sandiaga Uno Buka 20 Objek Wisata di JawaIlustrasi pandemik COVID-19. (ANTARA FOTO/M. Risyal Hidayat)

Indikator turunnya kasus COVID-19 di sebuah daerah Kabupaten/Kota juga menjadi perhitungan. Sandi menyebut, tidak menutup kemungkinan objek wisata yang diujicoba akan bertambah seiring hasil evaluasi.

"Kita akan terus sosialisasi pada masyarakat soal hal ini. Ujicoba ini juga terus dipantau terhadap kepatuhan protokol kesehatan dan grafik angka COVID-19, kalau menurun tentu akan ditambah lagi," ujar Sandi.

3. Objek wisata lain diminta tidak cemburu

Bangkitkan Sektor Wisata, Sandiaga Uno Buka 20 Objek Wisata di JawaMenparekraf Sandiaga Uno. (IDN Times/Bagus F)

Bagi objek wisata yang masih tutup diminta tidak cemburu. Sandiaga menegaskan, skema ujicoba ini merupakan cara Kemenkraf untuk membangkitkan kembali sektor wisata.

"Tentunya harapkan kesadaran dari pengelola dan masyarakat karena ini konsepnya ujicoba. Kita harapkan di tengah pandemi jangan bersuudzon tapi berhusnudzon, ini dilakukan dengan niatan baik melakukan secara bertahap bertingkat dan berkelanjutan," tutur Sandi.

4. Pemda KBB bisa ajukan destinasi wisata untuk diujicoba

Bangkitkan Sektor Wisata, Sandiaga Uno Buka 20 Objek Wisata di JawaMenparekraf Sandiaga Uno. (IDN Times/Bagus F)

Meski demikian, Sandi memberikan opsi alternatif pada pemerintah daerah termasuk Pemkab Bandung Barat untuk mengajukan objek wisata lain agar bisa juga buka pada masa ujicoba. Mengingat, kawasan wisata Lembang merupakan kawasan wisata yang cukup menjadi magnet wisatawan baik lokal maupun internasional.

"Tentu saya memberikan satu solusi untuk Pemda KBB agar mengajukan destinasi wisata lainnya untuk diujicobakan. Hasil ujicoba ini akan dievaluasi karena kan bisa bertambah lagi kalau grafik kasusnya menurun," tutupnya.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya