Comscore Tracker

Ada 17 Checkpoint di KBB Selama PSBB, 3 Titik Berada di Perbatasan

Sebelum PSBB pemda bakal lakukan simulasi besok

Bandung Barat, IDN Times - Tujuh Kecamatan  di Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) pada Rabu 22 April hingga Selasa, 5 Mei, mendatang. Tujuh Kecamatan itu yakni Lembang, Parongpong, Cisarua, Ngamprah, Padalarang, Batujajar dan Cipatat.

Bupati Bandung Barat mengatakan, selama pelaksanaan PSBB parsial, bakal ada 17 titik checkpoint. Sebelum diberlakukan PSBB pada Rabu, pihaknya bakal melakukan simulasi pada Selasa (21/4) besok.

"Kita fokus di persiapan PSBB yang di Kecamatan itu ada 13 Desa. Besok kita pemantauan di 17 checkpoint," ungkap Umbara saat ditemui, Senin (20/4).

1. Sekitar 5.000 warga ditargetkan lakukan rapid test

Ada 17 Checkpoint di KBB Selama PSBB, 3 Titik Berada di PerbatasanIlustrasi (ANTARA FOTO/Jojon)

Umbara menjelaskan, di samping melakukan pembatasan sosial, Pemda KBB juga akan melakukan tes masif kepada warga yang berada di 7 Kecamatan. Menurutnya, kunci keberhasilan PSBB untuk mencegah penularan COVID-19 yakni dengan mengetahui peta sebaran melalui rapid diagnostic test (RDT).

"Disamping itu rapid test sudah disiapkan ada sekitar 5.000. Yang sudah ada sekarang sekitar 3.000 alat tes," ujarnya.

2. Pelanggar PSBB akan dikenai sanksi tilang

Ada 17 Checkpoint di KBB Selama PSBB, 3 Titik Berada di PerbatasanIlustrasi tilang. IDN Times/Mia Amalia

Umbara menyebutkan, Pemda KBB bakal melibatkan aparat dari TNI dan Polri untuk berjaga di setiap checkpoint. Bagi pengendara yang melanggar aturan, bakal dikenakan sanksi tilang.

"Sanksi untuk pelanggar, untuk sanksi hukum belum ada. Barangkali ada sanksi tilang bagi pengendara yang melanggar aturan PSBB," kata Umbara.

3. Perbup baru akan terbit hari ini

Ada 17 Checkpoint di KBB Selama PSBB, 3 Titik Berada di PerbatasanIDN Times/Bagus F

Seluruh aturan terkait PSBB di Bandung Barat akan dituangkan dalam Peraturan Bupati (Perbup). Di dalam aturan itu, bakal mengatur  seluruh aktivitas yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

"Perbup hari ini selesai semuanya. Aturan untuk PSBB juga detail semuanya," tuturnya.

4. Ada 3 checkpoint besar di wilayah perbatasan PSBB

Ada 17 Checkpoint di KBB Selama PSBB, 3 Titik Berada di PerbatasanIDN Times/Bagus F

Kepala Dinas Perhubungan Ade Komarudin mengatakan, dari 17 checkpoint yang ada di Bandung Barat, ada 3 checkpoint besar yang berbatasan langsung dengan wilayah non PSBB.

"Checkpoint dalam PSBB ini ada 17 titik yang diberlakukan. Namun, checkpoint yang besar ada 3 di Lembang, Padalarang dan Cipatat," tuturnya.

Titik checkpoint di Kecamatan Lembang ada di Alun-alun Lembang, di Kecamatan Padalarang ada di Jalan Raya Tagogapu dan di Kecamatan Cipatat berada di depan Mapolsek Cipatat.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya