7 Hari Buron di Hutan, Empat Tahanan Kabur di Bandung Barat Tertangkap

Polisi kerahkan 10 tim pemburu untuk meringkus tahanan kabur

Bandung Barat, IDN Times - Pelarian empat orang tahanan yang berhasil kabur dari Markas Kepolisian Sektor Cikalongwetan berakhir. Mereka ditangkap setelah satu minggu buron dan bersembunyi ke hutan-hutan sekitar Kecamatan Cikalongwetan-Cipendeuy Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Sebelumnya mereka melarikan diri melalui atap ruang tahanan Mapolsek Cikalongwetan. Mereka memanfaatkan kelengahan petugas piket yang saat itu tengah berjaga pada Rabu, 12 Januari 2021 dini hari.

1. Empat tahanan sudah tertangkap semua

7 Hari Buron di Hutan, Empat Tahanan Kabur di Bandung Barat TertangkapKapolres Cimahi AKBP Imron Ermawan. (IDN Times/Bagus F)

Kapolres Cimahi AKBP Imron Ermawan mengatakan, polisi melakukan penangkapan selama 7 hari dengan membentuk 10 tim pemburu untuk menyisir ke lokasi-lokasi yang sudah dicurigai. Empat orang tahanan itu ditangkap di lokasi persembunyian mereka yang berbeda-beda.

"Empat orang tahanan kabur sejak seminggu yang lalu, alhamdulillah sudah bisa kita tangkap keempat-empatnya," ujar Imron saat ditemui di Mapolres Cimahi, Rabu, (19/1/2022).

2. Dua maling baut rel kereta diamankan sehari setelah kabur

7 Hari Buron di Hutan, Empat Tahanan Kabur di Bandung Barat TertangkapIlustrasi perbaikan jalur kereta (ANTARA FOTO/Risky Andrianto)

Imron menjelaskan, tim pemburu bergerak cepat menyisir jejak para tahanan yang kabur. Dua tahanan pertama berhasil diringkus sehari setelah mereka melarikan diri. Mereka diamankan di tempat perembunyiannya di sekitar Kecamatan Cikalongwetan, Bandung Barat.

"Kabur hari Rabu, dan hari Kamis sudah bisa kita tangkap dua orang tahanan atas nama Agung dan Alimudin. Mereka sudah kita kirim ke lapas," kata Imron.

Dua tahanan ini merupakan tahanan kasus pencurian dengan pemberatan. "Mereka mencuri baut atau beberapa besi yang ada di rel kereta api. Itu membahayakan," imbuhnya.

 

3. Maling ternak tertangkap di hari ke-7

7 Hari Buron di Hutan, Empat Tahanan Kabur di Bandung Barat TertangkapIDN Times/Arief Rahmat

Sementara dua tahanan berikutnya berhasil diamankan setelah satu minggu melarikan diri. Mereka bersembunyi di hutan-hutan sekitar Cikalongwetan. Polisi terpaksa melakukan tindakan tegas dan terukur dengan menembak kaki kiri seorang tahanan yang kabur.

"Tahanan atas nama Iding dan Endang sudah kita tangkap juga kemarin pada hari Selasa. Mereka merupakan tahanan kasus pencurian ternak. Mereka memang sudah beberapa kali mencuri ternak," paparnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya