25 Orang Positif COVID, Satu RT di Lembang KBB Jadi Klaster WO

Klaster WO menyusul klaster ziarah di Desa Sariwangi

Bandung Barat, IDN Times - Sebanyak 25 warga Kampung Sukalaksana, RT 03 RW 02 Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) dinyatakan positif COVID-19. Puluhan warga itu saat ini tengah menjalani isolasi mandiri.

Ruas jalan di area rumah warga yang dinyatakan positif COVID-19 pun ditutup. Terpaparnya puluhan warga dalam satu RT ini menjadi klaster kedua setelah sebelumnya terdapat klaster ziarah di RW 10 Desa Sariwangi, Kecamatan Parongpong, KBB.

1. Mereka menjalani isolasi mandiri

25 Orang Positif COVID, Satu RT di Lembang KBB Jadi Klaster WOKlaster Wedding Organizer di Desa Cikahuripan, Bandung Barat. (IDN Times/Bagus F)

Berbeda dengan warga di Desa Sariwangi, puluhan warga di RT 03 Kampung Sukalaksana ini tidak dievakuasi ke sebuah hotel ataupun penginapan. Mereka hanya diminta untuk melakukan isolasi mandiri. Kepalanya Desa Cikahuripan, Oman Haryanto mengatakan, mereka mulai menjalani isolasi sejak tanggal 1 Maret lalu.

"Kasus yang kena COVID di RW 02 berjumlah 25 orang. Mereka sudah menjalani isolasi mandiri dan sedang masa-masa penyembuhan," ungkap Selasa (9/3/2021).

2. Kebutuhan pokok bakal disuplai selama isolasi

25 Orang Positif COVID, Satu RT di Lembang KBB Jadi Klaster WOKepala Desa Cikahuripan Oman Haryanto. (IDN Times/Bagus F)

Oman menjelaskan, 25 warga ini merupakan satu keluarga besar yang memiliki usaha Wedding Organizer (WO). Rumah warga yang terpapar pun saling berdekatan, sehingga untuk melokalisir area juga bisa dilakukan dengan mudah.

"Selama isolasi mandiri kita coba suplai kebutuhan pokok mereka berupa bahan mentah agar mereka bisa masak sendiri," papar Oman.

3. 25 orang positif sejak 1 Maret

25 Orang Positif COVID, Satu RT di Lembang KBB Jadi Klaster WOKlaster Wedding Organizer di Desa Cikahuripan, Bandung Barat. (IDN Times/Bagus F)

Tim Satgas Penanganan Covid-19 Desa Cikahuripan beserta Puskesmas setempat melakukan tracing. Temuan awal ada 16 orang kontak erat yang diswab test, dari 16 orang itu ditemukan 13 orang positif terkonfirmasi positif COVID-19.

Kemudian tracing lanjutan ada 43 orang yang dilakukan swab test. Hasilnya, ada 12 orang yang terkonfirmasi positif. "Jadi dari 1 Maret itu sudah 25 orang yang positif dan menjalani masa isolasi mandiri," jelasnya.

4. Menunggu hasil swab 12 kontak erat lagi

25 Orang Positif COVID, Satu RT di Lembang KBB Jadi Klaster WOKlaster Wedding Organizer di Desa Cikahuripan, Bandung Barat. (IDN Times/Bagus F)

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes KBB, Mulyana mengatakan, beberapa sudah dinyatakan negatif sementara 12 kontak erat masih menunggu hasil swab test.

"Semua hasilnya itu baru keluar hari Jumat kemarin, jadi sampai sekarang kurang dari seminggu isolasi mandirinya. Tapi hanya beberapa hari lagi mungkin isolasinya sudah selesai," kata Mulyana.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya