187 SMA di Jabar Berjalan Tanpa Kepala Sekolah hingga Akhir 2021

Disdik mulai seleksi calon kepala sekolah baru

Bandung Barat, IDN Times - Sebanyak 187 sekolah tingkat SMA di Jawa Barat tidak memiliki kepala sekolah. Kekosongan jabatan ratusan kepala sekolah ini bakal terjadi sampai Desember 2021 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Jawa Barat, Dedi Supandi mengatakan, meski banyak jabatan kepala sekolah kosong, dia memastikan kegiatan pembelajaran sekolah tidak akan terganggu.

"Sampai Desember 2021, 187 kepala sekolah kosong termasuk SLB, SMA dan SMK," ungkap Dedi, Jumat (12/2/2021).

1. Banyak Kepsek yang pensiun, bermasalah dan meninggal

187 SMA di Jabar Berjalan Tanpa Kepala Sekolah hingga Akhir 2021Pixabay/pasja 1000

Dedi menyebutkan, kekosongan ratusan kursi kepala sekolah itu disebabkan beberapa alasan. Dari alasan pensiun, meninggal dunia sampai adanya kepala sekolah yang bermasalah.

"Kekosongan itu ada yang karena pensiun, ada juga karena kepala sekolah yang bermasalah ada juga yang meninggal jadi total ada 187 yang kosong," ujar Dedi.

2. Disdik mulai seleksi calon Kepsek

187 SMA di Jabar Berjalan Tanpa Kepala Sekolah hingga Akhir 2021Ilustrasi ujian komputer. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi

Untuk mengisi kekosongan kepala sekolah itu, pihaknya sudah menyeleksi guru-guru yang nantinya akan ditempatkan di ratusan sekolah yang tidak memiliki kepala sekolah tersebut. Seleksi sudah dimulai sejak akhir akhir 2020 yang dimulai dengan tahapan administrasi.

Awalnya, tercatat ada 1.164 calon kepala sekolah yang mendaftar secara online, hingga kemudian terseleksi sampai 1.098 orang. Dari jumlah tersebut menyusut lagi menjadi 417 setelah berguguran dalam tahapan tes administrasi, logic model, critical incident dan assessment.

Kemudian dari 417 calon kepala sekolah itu terpilihlah 280 berdasarkan ranking teratas untuk mengikuti tahapan substansi yang dimulai hari ini, Jumat (12/2/2020). Tahapan substansi akan dibagi ke dalam empat gelombang untuk meminimalisir penularan COVID-19.

Dari 280 peserta yang mengikuti tahapan substansi ini, nantinya akan terpilih para kepala sekolah yang mengisi 187 SMA, SMK dan SLB yang kosong. Namun mereka yang lolos harus mengikuti diklat terlebih dahulu selama tiga bulan.

"Mereka akan mendapatkan nomor induk PTKS. Itulah yang menjadi syarat yang diperbolehkan menjadi kepala sekolah. Setelah itu tinggal pelantikan," kata Dedi.

3. Disdik pastikan calon Kepsek sehat

187 SMA di Jabar Berjalan Tanpa Kepala Sekolah hingga Akhir 2021Seorang warga melakukan tes cepat atau rapid test antigen di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Selasa (22/12/2020) (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Dalam pelaksanaan seleksi ini, tegas Dedi, pihaknya selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Termasuk dalam tahapan pelaksanaan substansi, dimana semua peserta dilakukan rapid test antigen terlebih dulu.

"Kita sudah lakukan rapid antigen. Jadi semua (calon kepala sekolah) yang hadir di sini semua sudah rapid semua, yang 70 orang angkatan pertama semuanya negatif," tandasnya.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya