Wow! Binus Naik Peringkat di QS World University Rankings

Banyak rumpun ilmu di Binus ikut naik rangking

Bandung, IDN Times - Universitas Bina Nusantara (Binus University) mengalami peningkatan peringkat dari QS World University Rankings by Subject 2022. Melalui rumpun ilmu Computer Science & Information System, Binus naik ke peringkat 401-450 dunia.

Selain itu, Binus juga menduduki posisi ke-5 dari 6 Perguruan Tinggi Indonesia terbaik versi Subject 2022. Adapun pemeringkatan dilakukan atas 51 bidang ilmu terhadap lebih dari 1.543 institusi perguruan tinggi di 161 lokasi di dunia.

1. Beberapa rumpun ilmu lain juga masuk peringkat

Wow! Binus Naik Peringkat di QS World University RankingsIstimewa

Rumpun ilmu Computer Science dan Information Systems Binus University unggul dalam empat indikator penilaian, di antaranya ialah Academic Reputation, Employer Reputation, Citations per Paper, dan H-index Citations.

Berikutnya, Binus University juga masuk ke dalam pemeringkatan ini melalui rumpun ilmu Business Management, melesat ke posisi 501-550 dunia, sekaligus masuk ke dalam deretan tujuh Perguruan Tinggi Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan ini.

2. Binus Universty unggul dalam empat indikator

Wow! Binus Naik Peringkat di QS World University RankingsDok. Binus University

Dari rumpun ilmu ini, terdapat tujuh Program Studi yang masuk dalam pemeringkatan dunia ini di antaranya Management; Business Creation; International Business Management; Global Business Marketing. Selain itu, ada juga Creativepreneurship (BINUS @Bandung); Business Management; Entrepreneurship-Business Creation (BINUS @Malang).

Di sisi lain, Binus Universty unggul dalam empat indikator penilaian yakni Academic Reputation, Employer Reputation, Citations per Paper, dan H-index Citations.

3. Rektor merasa bangga atas raihan ini

Wow! Binus Naik Peringkat di QS World University Rankingsbinus.ac.id

Rektor Binus Universty, Prof. Harjanto Prabowo, turut mengucap rasa syukur dan terima kasihnya atas pengakuan yang diberikan QS World University Rankings by Subject 2022 dalam subject Computer Science & Information Systems dan Business Management Studies.

Menurutnya, hal ini merupakan buah dari penyelenggaraan pendidikan di Binus University dalam hal reputasi akademik. "Reputasi yang diberikan dari penyerap lulusan, sitasi per makalah, dan dampak penelitian yang sesuai dengan standar internasional," ujar Harjanto dikutip dari keterangan resmi, Kamis (14/4/2022).

4. Berharap naik peringkat ini berdampak baik pada masyarakat

Wow! Binus Naik Peringkat di QS World University Rankingsbinus.ac.id

Harjanto menambahkan, pengakuan ini juga menjadi bukti atas komitmen Binus University sebagai Perguruan Tinggi Indonesia dengan reputasi global untuk terus memberikan pendidikan yang berkualitas dan berdampak melalui riset, inovasi, dan kolaborasi.

"Kemudian memberikan dampak kepada masyarakat dengan tujuan mulia yaitu membina dan memberdayakan masyarakat untuk membangun Nusantara yang lebih baik," kata dia.

Baca Juga: UMM Ranking 6 Kampus Swasta Terbaik ASEAN

Baca Juga: Membanggakan, 3 Peneliti UGM Masuk Top 2 Persen World Rangking Scientist 2021

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya