Wisata Pangandaran Diprediksi Bakal Membludak saat Libur Nataru 2023

Disparbud Jabar akan cek kapasitas Pantai Pangandaran

Bandung, IDN Times - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Diparbud) Provinsi Jawa Barat (Jabar) memprediksi wisatawan yang datang ke Pangandaran bakal membludak saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023.

Kepala Disparbud Jabar, Benny Bachtiar mengatakan, prediksi melebihi kapasitas ini berdasarkan beberapa hal. Bahkan, bisa lebih besar dibandingkan perayaan Idul Fitri 2022.

"Untuk kapasitasnya nanti dicek dulu, tapi ini (kunjungan wisatawan ke Pangandara) akan melebihi kapasitas, dan akan lebih besar dari Hari Raya idul Fitri kemarin, dan bisa mencapai 150 persenan dari kapasitas yang ada," ujarnya Benny saat di konfirmasi, Jum'at (16/12/2022).

1. Rapat antisipasi lonjakan bersama OPD lain telah dilakukan

Wisata Pangandaran Diprediksi Bakal Membludak saat Libur Nataru 2023Instagram/taofik_arianto

Benny menjelaskan, secara umum wisatawan akan banyak datang ke objek wisata yang ada di Pangandaran. Namun, wilayah Bogor Raya, Bandung Raya juga diprediksi akan mengalami peningkatan wisatawan.

"Kami sudah rapat koordinasi berkaitan dengan titik-titik wisatawan yang ada di Bandung raya, Bogor raya terutama dikawasan Lembang, Ciwidey, dan puncak karena dikhawatirkan akan membeludak sangat luar biasa (kunjungan wisatawan)," ungkapnya.

2. Disparbud Jabar telah lakukan pengecekan di lapangan

Wisata Pangandaran Diprediksi Bakal Membludak saat Libur Nataru 2023Instagram

Disparbud Jabar sendiri akan membuat sejumlah langkah antisipasi untuk lonjakan wisatawan ini. Hal itu juga dikolaborasikan dengan pihak kepolisian maupun Dinas Perhubungan (Dishub).

"Kami sudah melakukan cek and ricek di lapangan bersama-sama dengan Dishub. Dan insyaallah pada saat pelaksanaannya nanti (nataru) kita akan melakukan monitoring di lapangan," katanya.

3. Wisatawan datang diprediksi akan lebih banyak dibandingkan 2021

Wisata Pangandaran Diprediksi Bakal Membludak saat Libur Nataru 2023Instagram

Sebelumnya, Benny mengatakan, kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara diprediksi akan mengalami peningkatan di akhir tahun 2023. Peningkatan juga akan lebih besar dari tahun sebelumnya.

"Perhitungan tahun kemarin saja kurang lebih 6 - 7 juta (Wisatawan), dan untuk di akhir tahun ini (2022) itu bisa berlipat-lipat bisa mencapai 12 - 18 juta untuk destinasi wisata di Jabar," kata dia di Jalan Braga, Kota Bandung, Senin (21/11/2022).

Baca Juga: Penyelundup Sabu Satu Ton Pangandaran Divonis Hukuman Mati

Baca Juga: Komunitas WR Owners Indonesia Gelar Gathering Nasional di Pangandaran

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya