Warga Indramayu Positif Omicron Setelah Pulang Dari Arab Saudi! 

Pasien saat ini masih melakukan karantina di Jakarta!

Bandung, IDN Times - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Jawa Barat (Jabar) menyatakan bahwa ada warga Kabupaten Indramayu positif Omicron. Pasien kini tengah menjalani karantina di Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta.

"Kalau Varian Omicron, saat ini ada pasien penduduk Jabar yang baru pulang dari Saudi Arabia positif Omicron-nya, dan masih melaksanakan islolasi di Jakarta," Ujar Ketua Harian Satgas Penanganan COVID-19 Jabar, Dewi Sartika, Senin (3/1/2022).

1. Dinkes Indramayu akan melakukan tindak lanjut

Warga Indramayu Positif Omicron Setelah Pulang Dari Arab Saudi! Pelaksana tugas Dinkes Jabar Dewi Sartika. IDN Times/Istimewa

Meski begitu, Dewi tidak menjelaskan secara rinci kronologi dari pasien Omicron asal Indramayu itu. Ia hanya menyatakan bahwa kasus ini tengah ditelusuri juga oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Indramayu.

"Saat ini Dinkes Kabupaten Indramayu sudah siap dengan tindak lanjutnya, bagi yang bersangkutan maupun keluarga," ucapnya.

Sedangkan, Kepala Dinkes Jabar, Nina Susana Dewi masih belum merespon konfirmasi dari IDN Times mengenai kasus ini.

2. Ridwan Kamil sebut tidak ada langkah penanganan baru dari Varian Omicron

Warga Indramayu Positif Omicron Setelah Pulang Dari Arab Saudi! Dok. Humas Jabar

Sebelumya, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil alias Emil menyatakan, Provinsi Jabar mewaspadai varian Omicron meski sampai saat ini belum ada laporan varian Omicron masuk ke Jabar.

Menurutnya, antisipasi sama seperti langkah pencegahan sebelumnya, Provinsi Jabar tetap menggencarkan testing, tracing, dan treatment (3T) sekaligus intens menyosialisasikan dan mengimbau masyarakat untuk memperkuat prokes 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas).

"Tidak ada hal baru dalam penanganan COVID, mau apapun namanya, treatment-nya sama saja. Pemerintah melakukan 3T, masyarakat melakukan 5M," ujar Emil usai memimpin Rapat Pimpinan (Rapim) di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (28/12/2021).

3. Infrastruktur untuk menghadapi Omicron tengah disiapkan Pemprov Jabar

Warga Indramayu Positif Omicron Setelah Pulang Dari Arab Saudi! Dok.Humas Jabar

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) sendiri mengumumkan satu kasus transmisi lokal Varian Omicron di Indonesia hari ini. Dengan penambahan kasus itu, total ada 47 kasus Omicron di Tanah Air.

Menurut Kang Emil, Pemda Provinsi Jabar mulai menyiagakan infrastruktur penunjang, seperti menyiapkan tabung oksigen hingga kapasitas tempat tidur jika sewaktu-waktu ada peningkatan kasus COVID-19.

"Kedua, pola Jawa Barat adalah menyiagakan semua infrastruktur tapi dengan tenang. Jadi tadi sedang menghitung oksigen kalau kasusnya meningkat kayak bulan Juli, sudah dihitung. Rumah sakit, jumlah bed, persentasenya, urutannya seperti apa sedang kita persiapkan," kata dia.

Baca Juga: Pernah Dituding Gila, Petani Indramayu Sukses Pimpin Lab. Agens Hayati

Baca Juga: Korupsi RTH Indramayu, Kejati Jabar Pastikan Belum Ada Tersangka Baru

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya