UAS Ceramah di Masjid Raya Al Jabbar Besok, 20 Ribu Diprediksi Datang

Polisi bakal melakukan penjagaan di Masjid Raya Al-Jabbar

Bandung, IDN Times - Penceramah kondang Ustadz Abdul Somad alias UAS akan melangsungkan kajian dan ceramah di Masjid Raya Al-Jabbar pada Minggu (18/6/2023) malam. Puluhan ribuan orang diprediksi bakal datang mengikuti acara ini.

Kapolsek Gedebage, Kompol Kurnia mengatakan, berdasarkan hasil koordinasi dengan ketua panitia pelaksana, puluhan ribu orang akan hadir untuk mengikuti kajian dan ceramah dari UAS di Masjid Raya Al-Jabbar.

"Kordinasi dengan panitia rencana 20-25 ribu orang, dari panitia itu tapi kan tetap tidak bisa diprediksi bisa berkurang bisa lebih. Mudah-mudahan tidak terlalu banyak karena acaranya dari malam," ujar Kurnia saat dihubungi, Sabtu (15/6/2023).

1. Tidak ada pengalihan arus

UAS Ceramah di Masjid Raya Al Jabbar Besok, 20 Ribu Diprediksi DatangUztaz Abdul Somad dan istri kedua (Instagram.com/ustadzabdulsomad_official)

Kurnia menjelaskan, informasi dari panitia untuk susunan kegiatannya dimulai dari itikaf, salat tahajud kemudian salah subuh bersama sekaligus tausiyah dari Ustad Abdul Somad. Adapun pengamanan untuk kegiatan ini juga akan dilakukan.

Meski akan ada pengamanan, Kurnia mengatakan, hal ini tidak akan terlalu signifikan, karena kegiatannya di dalam Masjid Raya Al-Jabbar. Kemudian kegiatan dimulai dari malam sampai subuh. Pengalihan arus lalulintas juga tidak dilakukan.

"Arus pun dari arah Rancanumpang ke arah Cimencrang hanya diputarkan di sekitar Al-Jabbar untuk mengurangi kemacetan," tuturnya.

2. Personel polisi akan diterjunkan untuk berjaga

UAS Ceramah di Masjid Raya Al Jabbar Besok, 20 Ribu Diprediksi Datangjabarprov.go.id/PORTALJABARPROVGOID

Polsek Gedebage sendiri akan tetap menerjunkan personel untuk mengamankan kegiatan ini. Dengan kegiatan yang digelar pada malam hari, Kurnia memastikan acara berjalan kondusif hingga selesainya kegiatan.

"Personel ada 21 orang dari Polres dengan Polsek yang berjaga. Ekstra pengecekan tidak ada karena panitia sudah kita hanya mengamankan jalur yang masuk keluar," katanya.

3. Penjagaan dilakukan untuk kondusivitas

UAS Ceramah di Masjid Raya Al Jabbar Besok, 20 Ribu Diprediksi DatangIDN Times/Irfan Fathurohman

Meski begitu, Kurnia memastikan pengamanan akan tetap dilakukan dengan baik. Sebab, masa yang akan datang cukup banyak dan sebagai langkah antisipasi terjadi hal-hal yang diluar prediksi. Adapun penjagaan akan dibantu oleh pihak TNI dan terkait lainnya.

"Pengamanan di seputar Masjid Raya Al-Jabbar akan tetap dilakukan mengingat jumlahnya cukup banyak sekitar 20 ribuan kita tetap antisipasi kendaraan yang mau masuk ke Al-Jabbar," kata dia.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Ustadz Abdul Somad diagendakan melakukan kajian dan ceramah di Masjid Raya Al Jabbar, Kota Bandung pada Minggu, 18 Juni 2023 pukul 04.30 WIB. Masjid Raya Al-Jabbar sendiri merupakan lokasi ketiga dari agenda kajian dan ceramah di Bandung dan Cimahi pada periode bulan Juni 2023.

Baca Juga: Prabowo Berencana Temui UAS, Pengamat: Mau Rangkul Basis Islam

Baca Juga: Bertemu Rizieq di Petamburan, UAS Heran Mengapa Banyak Orang Benci

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya