Comscore Tracker

Target Realisasi Investasi 2021 di Jabar Capai Rp127 Triliun 

Pemprov Jabar tawarkan 30 projek pada investor

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) mengharapkan banyak investor datang ke Jabar pada 2021. Hal itu dilakukan untuk memenuhi target realisasi investasi Jabar yang mencapai Rp127 triliun.

"Ini target tertinggi untuk kelas provinsi, kami tawarkan 30 projek di tahun 2021 nilainya Rp41 triliun melalui West Java Investment Summit (WJIS) 2021," ujar Noneng Komara Nengsih, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jabar, Senin (18/10/2021).

1. Pemprov Jabar juga diminta mengawal 11 proyek nasional

Target Realisasi Investasi 2021 di Jabar Capai Rp127 Triliun Jembatan Gantung di Lido Lake (instagram.com/krisnabrataa)

Beberapa waktu kemarin, Noneng mengatakan, sudah ada penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Jabar dan pemerintah dengan nilai Rp6,5 triliun.

"Selain melalui WJIS, kami diamanatkan mengawal proyek strategis nasional ada 11 projek dan yang masih belum terealisasi nilainya Rp150 triliun," ungkapnya.

2. Sudah ada banyak investor masuk ke Jabar

Target Realisasi Investasi 2021 di Jabar Capai Rp127 Triliun Unsplash/Patrick Hendry

Kemudian, soal investasi berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) untuk kawasan Rebana dan Jabar selatan, Noneng bilang, saat ini memerlukan investasi sebanyak Rp392 triliun. Adapun sampai saat ini beberapa investor sudah turut berinvestasi di kawasan itu.

"Jadi total kami kawal hampir Rp717 triliun dan ini beberapa tahun ya, yang kemarin masuk Mazda juga sudah ada," jelasnya.

3. Pada 2021 Jabar fokus green projek

Target Realisasi Investasi 2021 di Jabar Capai Rp127 Triliun Ilustrasi Pertumbuhan Ekonomi (IDN Times/Arief Rahmat)

Pemprov Jabar akan terus mengawal kawasan-kawasan ekonomi untuk terus mendatangkan investor. Menurutnya, dalam beberapa waktu ke depan perekonomian di Jabar juga tidak hanya pada sektor mainstream.

"Pada 2021 ini akan fokus dari green economy ke green project, dan kita akan mulai pada tahun ini di WJIS 2021," katanya.

4. WJIS merupakan ikhtiar pembangkitan ekonomi masa pandemik COVID-19

Target Realisasi Investasi 2021 di Jabar Capai Rp127 Triliun  ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Untuk diketahui, WJIS 2021 merupakan kegiatan promosi investasi yang digelar oleh Pemprov Jabar pada 21-22 Oktober 2021. Gubernur Jabar Ridwan Kamil alias Emil mengatakan bahwa WJIS 2021 merupakan salah satu upaya Pemprov untuk segera memulihkan ekonomi yang turun akibat pandemi COVID-19.

"Kalau ekonomi mau bangkit, teori pemilihan ekonomi kita tidak boleh pakai ekonomi jaga warung. Tunggu orang beli, tapi harus ekonomi door to door, WJIS itu contoh kita proaktif menyebarluaskan (promosi investasi). Saya sering datang ke dubes-dubes," kata dia.

Baca Juga: Ketua Kwartir Jabar Sebut Susur Sungai Bukan Kegiatan Pramuka

Baca Juga: Pemprov Jabar Disebut Belum Optimal Bantuan Petani

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya