Sukses Tangani Wabah PMK, Ridwan Kamil Raih Apresiasi Insan Peternakan

Ridwan Kamil dinilai mampu tangani kasus PMK di Jabar

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil mendapatkan penghargaan dari para pelaku usaha peternakan atas perhatiannya dalam penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) hewan ternak di Jabar.

Apresiasi juga diperoleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dari insan dan asosiasi yang terkait dengan kesehatan peternakan Jabar. Penyerahan penghargaan dilakukan sekaligus dengan penyerahan dan peluncuran mobil pelayanan veteriner di Gedung Pakuan, Bandung, Sabtu (31/12/2022).

1. Sejumlah inovasi telah dilakukan Pemprov Jabar

Sukses Tangani Wabah PMK, Ridwan Kamil Raih Apresiasi Insan Peternakan(Istimewa)

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar, Moh. Arifin Soedjayana mengatakan, tahun 2022 berbeda dari tahun sebelumnya. Sebab, wabah PMK muncul kembali setelah 32 tahun ditetapkan bebas dari PMK oleh WHO.

Meski begitu, upaya pencegahan juga terus dilakukan Pemprov Jabar agar terbebas dari wabah PMK. Pemprov Jabar juga berkolaborasi dengan seluruh insan peternakan pada kegiatan pengobatan ternak yang sakit, pendataan, penandaan dan vaksinasi ternak yang sehat serta pengetatan lalu lintas hewan.

"Alhamdulillah, sampai hari ini, dari 68 ribu ternak tertular PMK, tingkat kesembuhan mencapai 82,2 persen, tingkat kematian 16,8 persen, dan kasus aktif hanya tersisa 504 ekor atau setara 0,79 persen," ujar Arifin melalui keterangan resmi, Sabtu (31/12/2022).

2. Pemberian sapi induk juga dilakukan untuk peternak

Sukses Tangani Wabah PMK, Ridwan Kamil Raih Apresiasi Insan Peternakan(Istimewa)

Pada 2023 mendatang, Pemprov Jabar telah mengalokasikan penyebaran 138 ekor ternak sapi perah induk impor bekerja sama dengan GKSI Jabar.

"Penyebaran kurang lebih 750 ekor ternak domba dan sapi potong. Kegiatan tersebut melengkapi kegiatan penyebaran ternak hasil produksi UPTD lingkup DKPP yang sejak 2019 sampai dengan 2022 ini, telah disebarkan kepada kelompok binaan," tuturnya.

Menurutnya dalam acara tersebut insan peternakan memberikan apresiasi dan penghargaan pada Ridwan Kamil.

"Apresiasi juga datang dari Himpunan Peternak Domba dan Kambing Indonesia (HPDKI), atas upaya konservasi dan pengembangan sumber daya genetik (SDG) lokal domba Garut," katanya.

3. PDHI juga berikan penghargaan untuk Pemprov Jabar

Sukses Tangani Wabah PMK, Ridwan Kamil Raih Apresiasi Insan Peternakanilustrasi tempat penjual daging sapi (Unsplash.com/毛 祥)

Sementara penghargaan kepada Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat datang dari perhimpunan dokter hewan indonesia (PDHI) Cabang Jabar I atas kesiagaan dalam penanganan dan pengendalian penyakit hewan serta penjaminan produk hewan di Jawa Barat.

Kemudian penghargaan lainnya datang dari para pengurus wilayah perkumpulan insinyur dan sarjana peternakan indonesia (ISPI) Jawa Barat atas pembangunan dan pengembangan peternakan.

"Juga dari asosiasi obat hewan Indonesia atas penanganan wabah PMK," katanya.

"Moyan vet ini merupakan salah satu dari top forty five inovasi Jawa Barat tahun 2021 dan sebagai komitmen dalam peningkatan dan perluasan pelayanan untuk mempertahankan Piala Abdi Bhakti Tani dari Kementerian Pertanian," kata dia.

Baca Juga: Produksi Susu di Jabar Masih Terdampak PMK, Penurunan Capai 40 Ton

Baca Juga: Vaksinasi Anti-PMK Tahap I di 22 Daerah Jabar Sudah Rampung

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya