SMK Telkom Sekar Kemuning Cirebon Bukan Bagian YPT! 

Kerjasama dengan YPT sudah berakhir sejak awal 2023

Bandung, IDN Times - Yayasan Pendidikan Telkom (YPT) memastikan tidak ada kaitan dengan SMK Telkom Sekar Kemuning Cirebon yang tengah viral soal pemecatan guru karena menulis komentar kurang tepat di Instagram Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

YPT memastikan kerjasama operasional dengan Yayasan Mifathul Ulum (YMU) yang menaungi SMK Telkom Sekar Kemuning Cirebon sudah selesai sejak awal tahun 2023. Karenanya, seluruh pemberitaan dan narasi yang menyebutkan SMK Telkom, sejatinya sudah tidak valid.

"Kerjasama Nomor 0002/00/PSE-HK02/YPT/2018 - 008/01/YMU/2018 tanggal 5 Januari 2018 tentang Pengelolaan Bersama SMP, SMA, dan SMK Telkom Sekar Kemuning Cirebon antara YPT dan YMU telah berakhir tanggal 5 Januari 2023," tulis YPT dalam keterangan resminya, dikutip Sabtu (18/3/2023).

1. Kerjasama berakhir 5 Januari 2023

SMK Telkom Sekar Kemuning Cirebon Bukan Bagian YPT! 

Dalam keterangan pers "Informasi Kepada Publik YPT" bernomor No.0721/00/SET-UM000/YPT/2023. YPT menyatakan, dengan berakhirnya kerjasama yang diawali dari 2018 itu, maka YMU tidak berhak lagi menggunakan brand Telkom dan/atau Telkom Schools.

"Baik untuk keperluan Yayasan maupun seluruh Lembaga Pendidikan di bawah pengelolaan YMU, terhitung sejak berakhirnya masa kerjasama YPT dan YMU tertanggal 5 Januari 2023," katanya.

2. YPT tidak ada kaitannya dengan kasus ini

SMK Telkom Sekar Kemuning Cirebon Bukan Bagian YPT! 

YPT telah memutuskan secara resmi tidak memperpanjang kerjasama dengan YMU. Akhir kerjasama ini sudah dilakukan sebelum muncul pemberitaan terkait pada awal pekan ini. Sehingga, YPT dipastikan tidak ada keterlibatan dalam kasus ini.

"Karenanya, sekali lagi, seluruh pemberitaan dan narasi belakangan ini tidak ada kaitannya dengan YPT. YPT mengharapkan seluruh pihak menjadikan informasi publik tersebut untuk menjadi perhatian bersama," kata dia.

3. Sabil dipecat karena mengkritik Emil melalui instagram

SMK Telkom Sekar Kemuning Cirebon Bukan Bagian YPT! 

Untuk diketahui, Guru SMK Telkom Sekar Kemuning, Muhammad Sabil Fadilah dipecat usai memberikan kritikan pada Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil. Sabil dipecat dengan tiga alasan, salah satunya dianggap melanggar etika guru.

Kasus ini berawal dari postingan Instagram Gubernur Jabar Ridwan Kamil tentang zoom meet bersama para murid SMP di Tasikmalaya yang menabung untuk memberikan sepatu pada temannya, Selasa (14/3/2023).

Dalam postingan ini, Emil terlihat mengenakan jas kuning dan kemeja putih. Dari postingan ini, kemudian Sabil memberikan komentar, yang berisi:

"Dalam zoom ini, maneh teh keur (kamu itu sedang) jadi sebagai gubernur, kader partai, atau pribadi ridwan kamil?".

Setelah postingan ini, Emil kemudian memberikan balasan, dan komtar Sabil juga ditandai, sehingga berada teratas dalam postingan ini. Emil membalas dengan kalimat seperti balasan pada teman sebaya. Adapun balasan Emil:

"Menurut Maneh Kumaha?"

Baca Juga: Cetak Talenta Digital, Telkom Suskeskan Program SMK Unggulan Mendikbud

Baca Juga: Program Telkom DigiUp, 1.040 Siswa SMK Peroleh Sertifikasi TIK Gratis Standar BNSP

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya