Comscore Tracker

Seribu Guru PNS Pensiun, Wali Kota Bandung Pilih Sejahterakan Honorer

Oded meminta guru PNS yang tersisa menunjukkan inovasi.

Bandung, IDN Times - Pada 2020 Kota Bandung diprediksi akan kekurangan guru Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pasalnya, tahun depan terdapat sekitar seribu guru PNS yang pensiun. Angka tersebut tak sebanding dengan jumlah pengangkatan guru PNS baru.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial membenarkan fenomena itu. Menurutnya, saat ini Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Bandung hanya diberi kursi ratusan orang saja.

"Kita tahu bahwa guru itu tiap tahunnya pensiun sekitar 1.000 orang. Tetapi urusan masuk lagi atau CPNS-nya ada di pusat. Tahun ini kita hanya memperoleh 602 lowongan CPNS," ujar Oded, seperti rilis yang diterima IDN Times Jabar pada Sabtu (16/11).

1. Oded minta Guru PNS berinovasi

Seribu Guru PNS Pensiun, Wali Kota Bandung Pilih Sejahterakan HonorerIlustrasi PNS (IDN Times/Irwan Idris)

Dengan sedikitnya jumlah guru PNS tahun depan, Oded berharap mereka yang tersisa terus berinovasi agar sementara waktu dapat menambal kekurangan tenaga pengajar PNS. Kota Bandung sendiri sebetulnya telah mengusulkan jumlah yang dibutuhkan, namun kata Oded keputusan tetap menjadi ranah pemerintah pusat. 

"Dibutuhkan inovasi untuk mengatasi keterbatasan seperti itu. Karena memang kebijakannya adanya di pemerintah pusat. Kami dibatasi dan dijatah oleh pusat, yang sebetulnya kami sudah mengusulkan," tuturnya.

2. Butuh guru non PNS di Kota Bandung

Seribu Guru PNS Pensiun, Wali Kota Bandung Pilih Sejahterakan Honorerreachinghighernh.org

Selain berinovasi, Oded menambahkan, solusi lain yang dilakukan pemerintah untuk menopang kebutuhan pendidikan di Kota Kembang ialah dengan membuka peluang bagi guru non PNS alias honorer. Sebagai konsekuensinya, Pemkot Bandung akan memberikan kesejahteraan yang lebih maksimal bagi para guru honorer.

"Guru non PNS masih dibutuhkan. Di Bandung alhamdulillah, kami berikan kesejahteraan kepada guru non PNS ini. Itu artinya kami sangat perhatian," katanya.

3. Berharap Pemkot Bandung segera mencari solusi

Seribu Guru PNS Pensiun, Wali Kota Bandung Pilih Sejahterakan HonorerPexels/Pixabay

Hal senada disampaikan Ketua PGRI Kota Bandung, Maman Sulaeman. Sama dengan Oded, menurut hasil pemetaannya pada 2020 terdapat seribu guru PNS Kota Bandung yang akan pensiun.

Maman pun menyetujui jika Pemkot Bandung membuka peluang kerja bagi guru non PNS. Namun kata Maman, apa pun statusnya, seorang guru harus profesional. Salah satunya, harus terus menambah kapasitas kemampuannya lewat seminar dan lokakarya.

"Kita lakukan hal itu agar guru memiliki kompetensi yang unggul, sehingga dalam aktivitas sebagai guru bisa dilakukan secara profesional," kata dia.

Topic:

  • Galih Persiana

Just For You