Sepi Kunjungan Wisatawan, Oded Sebut Bandara Husein seperti Kuburan 

Wisatawan berkurang setelah maskapai pindah ke BIJB

Bandung, IDN Times - Wali Kota Bandung Oded M Danial menyebutkan ada penurunan wisatawan di Kota Bandung sejak sejumlah penerbangan dialihkan dari Bandara Husein Sastranegara ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka pada beberapa waktu lalu.

Oded menuturkan, sejak perpindahan sejumlah penerbangan itu terdapat perbandingan jumlah wisatawan yang masuk ke Kota Bandung dari Bandara Husein Sastranegara.

"Tahun lalu, sekitar 7,5 juta wisatawan masuk ke Kota Bandung. sejak penerbangan dipindahkan ke Kertajati, sekarang (wisatawan) menurun," ujar Oded berdasarkan rilis yang diterima, IDN Times, Senin (9/12).

1. Oded sebut bandara Husein seperti makam

Sepi Kunjungan Wisatawan, Oded Sebut Bandara Husein seperti Kuburan IDN Times/Humas Bandung

Oded pun menganalogikan sepinya penerbangan di Bandara Husein saat ini seperti "makam". Menurutnya, Bandara Husein sudah tidak lagi seramai ketika beberapa maskapai masih belum dipindahkan. Suasana sepi tersebut pun sempat dirasakan dia.

"Beberapa waktu lalu, saya turun di Husein, sepi banget. Serasa di makam," ungkapnya.

2. Pengelolaan ingin Husain seperti dahulu

Sepi Kunjungan Wisatawan, Oded Sebut Bandara Husein seperti Kuburan IDN Times/Azzis Zulkhairil

Oded mengatakan, Pemkot Bandung sempat berbicara dengan Angkasa Pura sebagai pengelola Bandara Husein. Pihak pengelola juga berharap, Bandara Husein tetap bisa beroperasi seperti dahulu.

Selain pengelola bandara, Oded juga mengaku telah memperoleh masukan dari stakeholder pariwisata. Salah satunya, Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI). Para pengusaha juga sangat merasakan dampak pengalihan penerbangan ke BIJB Kertajati.

3. Pemkot Bandung tetap berusaha meningkatkan kunjungan wisatawan

Sepi Kunjungan Wisatawan, Oded Sebut Bandara Husein seperti Kuburan IDN Times/Humas Bandung

Oded menegaskan, Pemkot Bandung sebenarnya terus berusaha meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Berbagai program dan kegiatan telah dirancang agar menjadi daya tarik baru bagi wisatawan. 

"Kalau akses ke Bandung terbuka, maka jumlah kunjungan wisatawan pun akan tinggi," katanya.

4. Oded berharap Cisumdawu lekas rampung

Sepi Kunjungan Wisatawan, Oded Sebut Bandara Husein seperti Kuburan IDN Times/Humas Bandung

Selain meminta agar ada peninjauan ulang tentang pengalihan sejumlah penerbangan, Oded juga sangat berharap, pemerintah pusat segera menyelesaikan pembangunan tol Cisumdawu (Cileunyi–Sumedang–Dawuan). Sehingga akses dari BIJB Kertajati ke Kota Bandung dan sebaliknya bisa lebih mudah.

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya