Comscore Tracker

Sempat Berhenti, Bandara Husein Kembali Operasikan Pesawat Jet

Beberapa maskapai sudah mendarat di Husein Sastranegara

Bandung, IDN Times - Bandara Husein Sastranegara Bandung kembali membuka penerbangan dengan rute domestik menggunakan pesawat jet di tengah masa pandemik virus corona (COVID-19). Beberapa maskapai juga sudah diizinkan untuk melayani penerbangan dari Kota Bandung.

General Manager PT Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara Bandung, Andika Nuryaman mengatakan, pada hari pertama pembukaan penataan rute ini ada tiga pesawat yang mendarat dari Lion Grup. Di hari kedua, penerbangan dari Citilink menyusul akan mendarat.

"Penerbangan hari ini baru Lion Group, yaitu Bandung-Makassar, Bandung-Denpasar, dan Bandung-Kualanamu. Besok ada tambahan lagi dari Citilink, jadi besok ada 19 aircraft movement," ujar Andika saat dihubungi Jumat (21/8/2020).

1. Tidak semua rute disediakan

Sempat Berhenti, Bandara Husein Kembali Operasikan Pesawat JetIDN Times/Azzis Zulkhairil

Dengan sudah tersedianya beberapa maskapai, maka beberapa rute penerbang juga sudah disediakan. Namun untuk Citilink, saat ini baru tersedia untuk rute Bandung-Kualanamu, Bandung-Palembang, Bandung- Pekanbaru, dan Bandung-Denpasar.

"Untuk penerbangan tipe ATR masih berlanjut, seperti ke Surabaya, Tanjungkarang, Semarang, Solo, dan Yogyakarta," ungkapnya.

2. Penerbangan di BIJB juga tidak ditutup

Sempat Berhenti, Bandara Husein Kembali Operasikan Pesawat JetDok.IDN Times/Istimewa

Ia pun menegaskan, penataan rute ini bukanlah pemindahan rute. Artinya, Bandara Kertajati tetap menerima penumpang dari penerbangan domestik. Baik Bandara Husein Sastranegara maupun Bandara Kertajati sama-sama membuka rute untuk saling mendukung.

"Jadi ketika nanti penumpang dari Makassar, di sini (Bandara Husein Sastranegara) berangkat pukul 8 pagi nanti mungkin di sana (Bandara Kertajati) ada Kertajati-Makassar pukul 4 sore. Itu adalah pilihan dari masyarakat Jawa Barat silakan mau terbang dari Husein maupun Kertajati, masih ada semuanya," tuturnya. 

3. Diharapkan bisa genjot wisatawan yang datang ke Kota Bandung

Sempat Berhenti, Bandara Husein Kembali Operasikan Pesawat Jet(Simulasi event band selama AKB Kota Bandung) Humas Pemkot Bandung

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Dewi Kenny Kaniasari mengatakan, semenjak kepindahan rute pesawat jet dari Bandara Husein Sastranegara ke BIJB Kertajati terjadi pada tahun lalu, jumlah wisatawan yang menuju Bandung itu sempat turun hingga mencapai 80 persen.

"Sudah hampir 80 persenan (turun), yang tadinya rata-rata terakhir di tahun 2019 itu di 7,9 juta wisatawan. Nah itu menurun ketika sebagian rute jet ini dipindah ke Kertajati," katanya.

4. Wisatawan lebih gampang datang ke Bandung

Sempat Berhenti, Bandara Husein Kembali Operasikan Pesawat Jet(Simulasi event band selama AKB Kota Bandung) Humas Pemkot Bandung

Selain itu, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana juga membenarkan, sektor pariwisata dan transportasi saling berkaitan. Sehingga, pengoperasian kembali jet di Bandara Husein, turut meningkatkan keran wisatawan.

"Dia (wisatawan) harus dulu ke Kertajati dan perlu transportasi, waktu lagi, mungkin saja dia akhirnya di sekitar Kertajati wisatanya. Kalau di sini kan sudah jelas," kata dia.

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya