Comscore Tracker

Sekda Kota Bandung: Jangan Kaget Kasus Positif Naik Pekan Depan

Selama AKB tes masif akan tetap dilakukan

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung terus melakukan tracing dan tes masif COVID-19 di sejumlah sektor yang dianggap rentan selama Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Masyarakat juga diminta jangan kaget jika ada kenaikan kasus positif COVID-19 pada lusa besok.

"Jangan kaget kalau besok lusa ada penambahan (kasus Positif), memang kita terus mengejar, tapi targeting kepada fokus yang rentan," ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna saat ditemui di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Selasa (30/6).

1. Masyarakat tetap diminta waspada dan terapkan protokol kesehatan COVID-19

Sekda Kota Bandung: Jangan Kaget Kasus Positif Naik Pekan DepanDok.IDN Times/Istimewa

Ema menuturkan, meski Kota Bandung sudah masuk pada AKB, masyarakat diminta agar tetap disiplin mematuhi aturan protokol kesehatan. Kedisiplinan menurutnya menjadi kunci agar AKB tetap bisa diterapkan untuk Kota Bandung.

"Walaupun kita sudah AKB, kita justru harus meningkatkan kewaspadaan. Jangan sampai kita tingkat kewaspadaannya kembali turun," ungkapnya.

2. Jika masih banyak masa berkerumun, penutupan jalan akan diterapkan kembali

Sekda Kota Bandung: Jangan Kaget Kasus Positif Naik Pekan DepanIDN Times/Wayan Antara

Selama AKB dijalankan dan masyarakat diketahui masih belum tertib ikuti aturan protokol kesehatan COVID-19 dan masih banyak berkerumun. Ema menyebut, bisa saja sejumlah jalan akan ditutup kembali seperti saat PSBB.

"Penutupan jalan bisa terjadi lagi. Justru kalau rakyatnya belum disiplin, ya kenapa tidak, Pak Polisi bisa mempertimbangkan bila perlu ini ditutup lagi," tuturnya.

3. Kedisiplinan terapkan protokol kesehatan jangan sampai kendor

Sekda Kota Bandung: Jangan Kaget Kasus Positif Naik Pekan DepanIlustrasi rapid test. (IDN Times/Mia Amalia)

Ema menambahkan, Kota Bandung dari tingkat provinsi sudah ada dalam zona biru dengan angka reproduksi 0,53. Hal tersebut, menurutnya harus tetap dipertahankan agar tidak kembali masuk dalam zona kuning.

"Kita ini belum normal, kita tingkatkan lagi disiplinnya, bukannya kendor, jangan sampai balik lagi ke merah," kata dia.

4. AKB sudah diterapkan Pemkot Bandung sejak pekan kemarin

Sekda Kota Bandung: Jangan Kaget Kasus Positif Naik Pekan DepanIlustrasi PSBB. IDN Times/Mia Amalia

Sebagaimana diketahui, sampai saat ini Pemkot Bandung sudah menerapkan AKB Pada Sabtu (27/6). Sejumlah sektor juga turut dilonggarkan agar kembali beroperasi, seperti sektor pariwisata dan beberapa hal lainnya.

Adapun sektor pariwisata yang sudah diizinkan beroperasi yakni pariwisata outdoor. Sedangkan untuk Indoor saat ini masih dikaji dan belum diizinkan untuk beroperasi.

Baca Juga: ASN Kelurahan Positif, Pemkot Bandung Percepat Pemetaan COVID-19

Baca Juga: Bisnis Rapid Test di Tengah COVID-19, Produk Lokal hingga Surat Palsu

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya