Salat Id 1443 Hijrah di 56 Ribu Tempat Ibadah di Jabar Dipastikan Aman

Warga Jabar menggegelar salat Idulfitri dengan aman

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil memastikan salat Idulfitri 1443 Hijriah atau Lebaran 2022 di 56 ribu tempat ibadah di Jabar dalam kondisi aman. Jemaah juga diklaim beribadah dalam penuh khidmat.

"Laporan pelaksanaan Idulfitri berlangsung dengan lancar di 56 ribu tempat salat yang terdaftar baik di lapangan ataupun masjid di tempat yang siapkan," ujar Emil di Lapangan Gasibu, Senin (2/4/2022).

1. Larangan konvoi dan malam takbiran dipatuhi masyarakat

Salat Id 1443 Hijrah di 56 Ribu Tempat Ibadah di Jabar Dipastikan AmanSalat Idulfitri berjamaah di Lapangan Gasibu (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelum perayaan salat Id 2022, Emil bilang bahwa masyarakat sudah dengan tertib menjalankan perintah agar tidak melakukan konvoi saat malam lebaran. Kondusivitas di seluruh wilayah Jabar juga terpantau aman.

"Sampai hari ini sesuai dengan arahan tidak ada dinamika yang terjadi dan larangan konvoi Alhamdulillah dipathui. Malam takbiran juga aman," katanya.

2. Ridwan Kamil ucapkan selamat lebaran

Salat Id 1443 Hijrah di 56 Ribu Tempat Ibadah di Jabar Dipastikan Aman ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Dalam momentum ini, Emil juga menyampaikan maaf kepada seluruh masyarakat Jabar, Idulfitri 1443 Hijriah. Ia berharap kepemimpinannya dapat memberikan manfaat untuk seluruh masyarakat Jabar umumnya masyarakat Indonesia.

"Selamat idulfitri 1443 Hijriah. Atas nama pribadi dan pemerintah kepada masyarakat khususnya Jabar dan Indonesia pada umumnya," kata dia.

3. Ridwan Kamil terharu bisa gelar saalt idulfitri

Salat Id 1443 Hijrah di 56 Ribu Tempat Ibadah di Jabar Dipastikan AmanRidwan Kamil, Gubernur Jabar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Sebelumnya, Emil juga merasa terharu bisa salat Id berjamaah kembali dengan masyarakat. Adapun pada dua tahun sebelumnya, ia hanya menjalankan salat Id di rumah dinas karena terdampak aturan pencegahan virus corona.

"Terharunya double-double, pertama setelah dua tahun tidak lagi salat idulfitri di tempat terbuka karena dua tahun di rumah dinas kan bahagianya melihat jemaah penuh banget. Mudah-mudahan ada yang foto dari udara kali ya," ujar Emil, Senin (2/4/2022).

Dengan banyaknya jamaah salat Id di Lapangan Gasibu, Emil bilang bahwa hal ini merupakan bukti kerinduan masyarakat untuk beribadah bersama di hari yang suci. Emil juga tidak henti menyampaikan rasa syukur di Lebaran 2022.

"Kita doakan ini berlangsung terus. Kita jangan lupa jadi masyarakat yang mensyukuri nikmat Allah atas anugerah-Nya," ungkapnya.

Baca Juga: Polda Jabar: Tak Ada Takbir Keliling dan Konvoi Malam Lebaran 2022! 

Baca Juga: H-1 Lebaran 2022, Terminal Cicaheum Mulai Sepi Pemudik

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya