Ridwan Kamil Disukai Pemilih Muda di Pilpres 2024, Potensi Wapres Kuat

Popularitas Ridwan Kamil juga masih bertengger di lima besar

Bandung, IDN Times - Nama Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dikabarkan menjadi yang paling banyak disukai pemilih muda dalam Pilpres 2024. Hal ini diketahui dari survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) pada Pemilih Muda (17-39 tahun) medio 8-13 Agustus 2022.

Dalam survei ini ada 14 nama tokoh-tokoh nasional dan daerah yang berpotensi meramaikan Pilpres 2024. Di antara mereka, Ridwan kamil ada di urutan pertama dengan perolehan 92,2 persen, disusul Ganjar Pranowo 89,9 persen, Andika Perkasa 88,3 persen, dan Sandiaga Uno 88,5 persen.

1. Ridwan Kamil bisa diperhitungkan sebagai Cawapres 2024

Ridwan Kamil Disukai Pemilih Muda di Pilpres 2024, Potensi Wapres KuatGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Kepala Departemen Politik dan Perubahan CSIS, Arya Fernandes mengatakan, lewat hasil survei ini, Ridwan Kamil bisa diperhitungkan untuk digandeng sebagai Calon Wakil Presiden di Pilpres 2024. Sebab, pemilih muda banyak yang menyukai sosok Gubernur Jabar itu.

"Kalkulasi politik saat ini yang paling memungkinkan (Ridwan Kamil) sebagai Cawapres karena namanya bertengger sebagai yang terbesar," ujar Arya saat dihubungi, Kamis (29/9/2022).

2. Popularitas Ridwan Kamil terbilang tinggi

Ridwan Kamil Disukai Pemilih Muda di Pilpres 2024, Potensi Wapres KuatIDN Times

Survei simulasi pemilih muda ini dilakukan dengan menyodorkan 14 nama dan mengerucut di tujuh nama. Hasilnya, nama Ridwan Kamil mengungguli Ganjar Pranowo, Prabowo, dan Anies Baswedan.

"Beliau (Ridwan Kamil) memang punya potensi dilirik sebagai cawapres potensial. Kami memang gak mencari tahu kenapa orang suka dan tidak suka. Kami hanya tanya soal popularitas dan kesuksesan," ucapnya.

Selain kesukaan, dalam survei ini, Ridwan Kamil juga memiliki popularitas yang cukup baik. Nama Gubernur Jabar masuk di urutan ke tiga dari tujuh besar dengan popularitas yang tinggi dan mengalahkan beberapa tokoh nasional lainnya.

Adapun tingkat popularitas di urutan pertama ialah Prabowo Subianto 96,9 persen, Anies Baswedan 91,0 persen, Ridwan Kamil 85,4 persen, dan Sandiaga Uno 84,4 persen.

3. Gabung partai politik merupakan langkah strategis

Ridwan Kamil Disukai Pemilih Muda di Pilpres 2024, Potensi Wapres KuatRidwan Kamil

Arya menambahkan, dengan popularitas dan kesukaan pemilih muda yang tergolong tinggi, Ridwan Kamil harus segera memiliki kendaraan politik untuk melangkah di Pilpres 2024.

"Tentu pilihan untuk menjadi kader partai politik hal yang strategis. Karena, ini untuk meningkatkan peluang, dia (Ridwan Kamil) bisa mencalonkan sebagai Cawapres 2024," katanya.

4. Ridwan Kamil punya opsi banyak di Pemilu 2024

Ridwan Kamil Disukai Pemilih Muda di Pilpres 2024, Potensi Wapres KuatRidwan Kamil saat menjadi speaker di Indonesia Millennial Summit 2019 held by IDN Times

Disinggung soal potensi Ridwan Kamil untuk maju dalam Pilgub DKI Jakarta, Arya menjelaskan, hal itu juga bisa dipilih oleh Emil. Akan tetapi, semua potensi ini kembali pada perhitungan politik dari Ridwan Kamil.

"Ini tergantung hitungan politik kang Emil, karena kalau sebagai Cawapres potensi ada, dan saya kira tentu akan dikirim Cawapres potensial, karena ada basis kuat di Jabar. Di DKI Jakarta juga saya potensial karena relatif tidak ada tokoh populer kuat di DKI Jakarta," kata dia.

Baca Juga: Salip Sandiaga, Dukungan Ridwan Kamil untuk Pilpres Mulai Saingi AHY

Baca Juga: Dikabarkan Dampingi Anies di Pilpres 2024, Ini Respons Ridwan Kamil

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya