Ridwan Kamil: Belum Ada Kasus Hepatitis Akut Misterius di Jabar

RK berharap masyarakat tidak panik

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias RK memastikan bahwa belum ada kasus hepatitis akut misterius di wilayah Jabar. Kasus dari penyakit itu diketahuinya baru ditemukan di wilayah DKI Jakarta dan diduga mengakibatkan korban jiwa.

"Saya laporkan di Jabar belum ada. Jadi Jawa barat belum ada dan semoga tidak ada, sehingga imbauan pada masyarakat yang pertama jangan panik," ujar RK saat ditemui di RSHS Bandung, Senin (9/5/2022).

1. Penyakit ini diduga sudah menimbulkan korban jiwa

Ridwan Kamil: Belum Ada Kasus Hepatitis Akut Misterius di JabarGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (IDN Times/Kevin Handoko)

Berdasarkan keterangan yang didapatkannya, RK mengatakan bahwa ini merupakan sebuah fenomena penyakit yang mirip hepatitis namun tidak masuk golongan hepatitis A, B, dan C. Penyakit ini diketahuinya menyerang hati manusia.

"Dengan gejala serupa di luar negeri sudah banyak, ada yag meninggal kan, terduga di Jakarta," ucapnya.

2. Masyarakat diminta tetap tenang

Ridwan Kamil: Belum Ada Kasus Hepatitis Akut Misterius di JabarGubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Dok. IDN Times)

Masyarakat Jabar, kata RK harus tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat. Menurutnya, Indonesia telah mengalami masa pandemik yang hebat dan perlahan bisa memulihkan kondisi normal. Dengan begitu, masyarakat diminta belajar dari pengalaman dan tidak panik.

"Kita sudah mengalami jatuh bangun oleh pandemik, kunci keberhasilan adalah tenang saja, negara sudah siap untuk mengatasi," ungkapannya.

3. Tim ahli menangani penyakit ini sudah dibentuk

Ridwan Kamil: Belum Ada Kasus Hepatitis Akut Misterius di JabarRidwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Selain itu, RK juga menegaskan bahwa semua persiapan untuk menghadapi hepatitis akut misterius ini sudah dilakukan. Sehingga, jika nantinya ditemukan di wilayah Jabar, akan ditangani dengan maksimal.

"Jika ada di Jabar tim ahli sudah dibentuk oleh Pemprov Jabar bersama RSHS, lab-lab untuk mengecek apakah ini kategori terduga Hepatitis Akut seperti apa. Tadi saya sudah cek, sudah siap," katanya.

4. Teknologi terbaru sudah dipersiapkan RSHS

Ridwan Kamil: Belum Ada Kasus Hepatitis Akut Misterius di Jabar ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Selain persiapan tim ahli, RK menambahkan bahwa persiapan lainnya seperti alat-alat teknologi molekular tebaru sudah dimiliki Rumah Sakit Hasan Sadikin alias RSHS. Kemudian, ruangan khusus juga sudah disiapkan sebagai antisipasi di Jabar.

"Dari catatan memang terjadi di usia bayi sampai 16 tahunan, kita belum tau alasannya di bayi. Jadi per hari ini tidak ada kasusnya di Jabar. Masyarakat fokus saja ke peningkatan prokes," kata dia.

Baca Juga: Hepatitis Akut Misterius Ancam Anak, Ini yang Perlu Diketahui 

Baca Juga: Belum Ada Kasus Hepatitis Akut di Jabar, Ridwan Kamil: Tetap Waspada

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya