Ridwan Kamil: 804 Ribu Hewan Kurban Disiapkan untuk Iduladha 1443 H! 

Kebutuhan hewan kurban di Jabar paling tinggi di Indonesia

Bandung, IDN Times - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) telah menghitung jumlah terbaru hewan kurban untuk perayaan Iduladha 1443 Hijriah. Sejumlah 804 ribu ekor hewan sapi, kerbau, domba, dan kambing dipastikan layak untuk disembelih pada Sabtu (9/7/2022).

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil alias Emil mengatakan, kebutuhan hewan kurban di Jabar masuk terbesar seIndonesia dengan angka 804 ribu ekor hewan kurban. Adapun dari jumlah itu terdiri dari 96.500 ekor sapi, 2.600 ekor kerbau, 609.000 ekor domba, dan 95.000 ekor kambing.

"Jadi total sekitar 800 ribuan (hewan kurban) yang akan di potong di tanah Jabar oleh orang-orang yang akan berkurban," ujar Emil di kantor Kemenag Jabar, Rabu (8/6/2022).

1. Masyarakat jangan tergiring isu hoaks soal kurban

Ridwan Kamil: 804 Ribu Hewan Kurban Disiapkan untuk Iduladha 1443 H! Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Kemudian, Emil menjelaskan bahwa masyarakat juga jangan sampai termakan oleh informasi yang belum pasti kebenarannya soal kesehatan hewan kurban di Jabar.

Dia meluruskan bahwa informasi tentang tempat potong hewan yang kewalahan memotong kurban yang terkena Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) tidak benar adanya.

"Itu bukan kewalahan memotong hewan-hewan yang berpenyakit, tetapi kewalahan karena rutinitas. Tidak betul menjadi kewalahan memotong hewan berpenyakit bersyarat, tapi itu kewalahan dari rutinitas memotong hewan ternak," katanya.

2. Penanganan PMK sama seperti COVID-19

Ridwan Kamil: 804 Ribu Hewan Kurban Disiapkan untuk Iduladha 1443 H! Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dengan demikian, Emil menambahkan bahwa hewan kurban yang akan dipotong di wilayah Jabar dipastikan dalam keadaan sehat. Sebab, seluruh upaya untuk menangkal PMK pada hewan terus dilakukan oleh Pemprov Jabar.

"Secara umum penanganan sama seperti COVID-19, akan ada gugus tugas (PMK) di kabupaten/kota, kecamatan, sampai ke desa-desa," ucapnya.

3. Salat Iduladha juga akan berjalan seperti Idulfitri kemarin

Ridwan Kamil: 804 Ribu Hewan Kurban Disiapkan untuk Iduladha 1443 H! Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Selain hewan kurban, Emil memastikan bahwa salat Iduladha 1443 Hijriah juga akan sama seperti salat Idulfitri 2022. Menurutnya, protokol kesehatan akan tetap dilakukan dengan menyesuaikan kondisi COVID-19.

"Insya Allah pelaksanaan Iduladha dari sisi persiapan salatnya relatif aman terkendali. Karena pengalaman testing Idulfitri ternyata sangat baik," katanya.

Baca Juga: Iduladha 1443, Pemprov Jabar Tingkatkan Pengawasan Penyakit Hewan

Baca Juga: Evaluasi Libur Lebaran 2022, Pemprov Jabar Ingin Tata Jalur Wisata

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya