Comscore Tracker

Renovasi Selesai, Pedagang Pasar Kosambi Kembali Berjualan di Basement

PKL juga akan dapat tempat di Basement

Bandung, IDN Times - Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana memastikan, seluruh pedagang terdampak pascainsiden kebakaran Pasar Kosambi, dalam waktu dekat akan kembali menempati lapaknya. Konon mereka akan diizinkan kembali berjualan di basement gedung Pasar Kosambi pada akhir bulan ini.

Yana menuturkan, sampai saat ini lokasi bangunan yang sempat terbakar sudah diperbaharui dan direnovasi. Sehingga, pedagang yang semula direlokasi dalam waktu dekat bisa kembali berjualan di tempat asal mereka.  

"Kemungkinan, para pedagang, bulan ini sudah bisa masuk dan melanjutkan aktivitas perdagangannya," ungkap Yana dalam rilis yang diterima, IDN Times, Minggu (17/11).

1. Selain pembenahan, jumlah lapak bakal juga ditambahkan

Renovasi Selesai, Pedagang Pasar Kosambi Kembali Berjualan di BasementIDN Times/Debbie Sutrisno

Yana mengatakan, dalam prosesnya, Pemkot Bandung tidak sekadar mengembalikan lapak para pedagang melalui PD Pasar Bermartabat. Pemoot juga telah ditambahkan kapasitas lapak untuk pedagang agar bisa menampung Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di sekitar pasar.

"Kalau yang eksisting 173 pedagang, termasuk nanti teman-teman PKL juga bisa tertampung di dalam. Semua 261 PKL. Insyaallah bisa menampung yang dari luar," ungkapnya.

2. Pembenahan hampir 80 persen

Renovasi Selesai, Pedagang Pasar Kosambi Kembali Berjualan di BasementIDN Times/Debbie Sutrisno

Yana menambahkan, saat ini pembangunan fisik sudah mencapai 80%, tinggal menyelesaikan pemasangan listrik dan sebagian lantai. Karena semibasement, maka ia ingin memastikan bangunan dapat ditempati dengan nyaman oleh para pedagang. Ia pun meminta para pedagang untuk menjaga fasilitas tersebut.

"Saya berharap jaga kebersihannya, keamanannya, karena calon pembeli juga pasti pengen bersih dan nyaman dan untuk harga bersaing," katanya.

3. PKL diberi tempat baru

Renovasi Selesai, Pedagang Pasar Kosambi Kembali Berjualan di BasementIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Pjs. Direktur Utama PD Kebersihan, Lusi Lesminingwati mengaku tengah bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan UMKM selaku Satgasus PKL untuk memastikan data PKL yang akan menempati lapak baru di Pasar Kosambi. Dari 261 PKL yang tercatat, baru 140 PKL yang terkonfirmasi akan pindah ke dalam.

"Rencana dengan Dinas KUKM kami akan merelokasi PKL sepanjang pasar Kosambi sampai rel kereta api. Minggu depan kita mulai intensifkan untuk rapat. Karena dari 261, baru 140 PKL yang masuk ke kita," tuturnya.

Untuk diketahui, halaman pasar yang kini ditempati pedagang akan seluruhnya difungsikan sebagai tempat parkir. Jika diperkirakan kapasitas parkir bisa mencapai 40 mobil.

PD. Pasar Bermartabat juga tengah mempersiapkan parkir basemen dengan kapasitas 200 mobil. Hal itu juga bertujuan untuk mempersiapkan jika Mal Pelayanan Publik (MPP) akan beroperasi di pasar tersebut.

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya