Relawan Deklarasi Capres 2024 di 10 Provinsi, Apa Kata Ridwan Kamil?

Ridwan Kamil bilang kinerjanya diapresiasi lintas provinsi

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil tidak menolak soal adanya relawan di sepuluh provinsi di Indonesia yang berencana mendeklarasikan dirinya untuk maju sebagai Capres 2024. Deklarasi itu dianggap sebagai dukungan dari kerja kerasnya selama menjadi kepala daerah.

Emil mengaku mendapatkan kabar soal berbagai deklarasi itu belum lama ini. Ia juga tidak mempermasalahkan adanya gelombang dukungan itu, bahkan hal ini direspons secara positif.

"Iya saya alhamdulillah saja kalau memang ada yang dukung, berarti apresiasi lintas provinsi," ujar Emil beberapa hari kemarin.

Sayangnya, Emil sangat irit respons mengenai hal ini. Ia juga tidak memberikan komentar terlalu panjang terkait rencana relawan yang mendukung dirinya dan akan mendeklarasikan diri di sepuluh provinsi di Indonesia.

1. Deklarasi Ridwan Kamil di 10 provinsi akan dilakukan dalam waktu dekat

Relawan Deklarasi Capres 2024 di 10 Provinsi, Apa Kata Ridwan Kamil?IDN Times

Relawan yang akan mendeklarasikan Emil di sepuluh provinsi ini yaitu Gerakan Nasional Indonesia Juara (GNIJ). Mereka akan deklarasi mendukung Ridwan Kamil maju pada Capres 2024 di 10 provinsi Indonesia.

"Hingga saat ini ada sekitar tujuh sampai sepuluh provinsi yang akan deklarasi dukung Ridwan Kamil Capres 2024. Itu akan dilakukan dalam waktu dekat," ujar Juru bicara GNIJ, Nunung Sanusi, melalui keterangan resminya, Senin (11/4/2022).

Selain itu, Nunung bilang, gerakan deklarasi akan dilakukan dari Aceh hingga Papua. Adapun sebelumnya, beberapa kelompok GNIJ dari provinsi di luar jawa yang sudah mendeklarasikan diri mendukung Capres 2024.

"Pertama tim relawan Provinsi Lombok deklarasi dukungan untuk Ridwan Kamil pada 12 April. Lalu pada ada 14 April Provinsi Papua dan Aceh berbarengan mendeklarasikan dukungannya. Dilanjut pada 15 April yakni Provinsi Sumut. Berikutnya pada 17 April di Provinsi Batam," ungkapnya.

2. Ridwan Kamil memiliki latar belakang yang tepat

Relawan Deklarasi Capres 2024 di 10 Provinsi, Apa Kata Ridwan Kamil?Ridwan Kamil (ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

Sedangkan, untuk GNIJ wilayah Jabar pada tanggal 20 April akan mendeklarasikan dan persiapan kegiatan tengah dipersiapkan secara maksimal. Nantinya, deklarasi juga akan digelar dengan protokol kesehatan yang ketat.

"Kang Emil merupakan anak bangsa yang luar biasa. Merintisnya dari dosen, kemudian jadi wali kota, dan sekarang gubernur. Hitungannya sangat matang, tidak abai prestasi," katanya.

3. Emil dianggap pantas maju sebagai Capres 2024

Relawan Deklarasi Capres 2024 di 10 Provinsi, Apa Kata Ridwan Kamil? ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Sedangkan, Ketua Pengurus Wilayah GNIJ Jabar Syarif Hidayat mengatakan, perwakilan relawan dari 27 daerah di Jabar akan mendeklarasikan dukungannya terhadap Emil. Menurutnya, Emil sangat tepat untuk menjadi presiden.

"Kita harus punya keterwakilan di nasional. Kang Emil adalah orang yang pantas dan kita sebagai masyarakat Jabar yang penduduknya banyak harus sadar. Tim ini ingin membangun kesadaran masyarakat," kata dia.

Baca Juga: Ridwan Kamil Kecam Aksi Pengeroyokan Ade Armando saat Demo 11 April

Baca Juga: Ridwan Kamil: Yana Mulyana Sah Jadi Wali Kota Bandung Pekan Depan! 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya